Atasi Ketombe Membandel

Rambut berketombe memang sangat menyebalkan. Kepala sering terasa gatal, kepala pun bak dipenuhi serpihan salju. Akibatnya penampilan jadi terganggu dan kurang percaya diri.

Rambut berketombe memang sangat menyebalkan. Kepala sering terasa gatal, kepala pun bak dipenuhi serpihan salju. Akibatnya penampilan jadi terganggu dan kurang percaya diri.

Sebenarnya apa sih ketombe itu?

Sampai saat ini tak banyak yang tahu asal usul ketombe. Banyak yang bilang ketombe adalah kotoran rambut yang disebabkan oleh shampoo yang masih tertinggal di kulit kepala.

Tetapi sebenarnya ketombe disebabkan oleh jamur bernama Pityrosporum ovale, bukan oleh shampoo yang tertinggal. Jamur tersebut kemudian bercampur dengan beberapa penyebab lain, sehingga muncullah ketombe-ketombe di rambut anda.

Ada dua hal yang menyebabkan ketombe makin berkembang dan menjadi banyak setelah bertemu dengan jamur di kepala, yaitu penyebab internal dan eksternal.

Penyebab internal, di antaranya adalah faktor stress, hormon, kesehatan yang buruk, sistem imun tubuh yang lemah, kurang istirahat, kelebihan gula dalam darah, lemak, dan alergi pada makanan.

Sedangkan penyebab eksternal yaitu, tidak cocok dengan shampoo, hair spray atau gel, cuaca, penggunaan bahan kimia untuk meluruskan atau mengeriting, produk pewarna rambut.

Merawat rambut berketombe

Rambut yang berketombe, terutama ketombe membandel, membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra. Berikut tipsnya:

# Jangan menggunakan sembarang shampoo. Cucilah rambut dengan produk khusus untuk rambut berketombe. Karena shampo untuk rambut berketombe dirancang khusus untuk mengatasi ketombe.

# Jika anda sudah cocok dengan satu jenis shampoo, jangan berganti shampo, apalagi mencoba shampo berbagai merk. Gonta ganti shampo membuat rambut dan kulit kepala stress.

# Jangan mengeringkan rambut dengan handuk, apalagi secara kasar. Tepuk-tepuk saja dengan handuk, dan biarkan kering secara alami.

# Konsumsi vitamin E, A, dan C secara cukup agar tubuh anda tidak lemah, dan rambut anda dapat tumbuh subur.

# Pilih produk pengeriting, pelurus atau pewarna rambut yang aman dan telah dipercaya. Dan yang pasti cocok untuk jenis rambut anda.

# Gunakan sisir pribadi dan jangan menggunakan sisir orang lain. Karena bisa saja sisir orang lain menjadi penyebab masalah kulit kepala.

# Jika anda sering menggunakan helm, cucilah helm anda secara teratur. Sehingga kulit kepala anda terhindar dari jamur penyebab ketombe.

# Jika anda memakai hijab, pilihlah bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Dan jangan memakai hijab saat rambut masih basah.

# Jangan tidur jika rambut masih basah. Tidur dalam keadaan rambut basah, selain membuat rambut lepek dan pusing, juga menyebabkan munculnya jamur di kepala karena lembab.

Jangan lupa untuk rutin berolahraga, banyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi dan hindari stress. Semua ini akan membantu menghilangkan ketombe membandel. [Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita rambut kecantikan kepala ketombe