Agar Mata Sehat Bercahaya

Mata yang berbinar indah akan menambah kecantikan dan aura seorang wanita. Namun berbagai masalah, kadang membuat mata wanita redup tak bercahaya.

Mata yang berbinar indah akan menambah kecantikan dan aura seorang wanita. Namun berbagai masalah, kadang membuat mata wanita redup tak bercahaya. Faktor kelelahan, stress dan gaya hidup yang salah kerap membuat mata menjadi buram.

Lalu bagaimana menjaga kesehatan mata agar tetap bersinar?

# Jangan menggosok mata menggunakan tangan dengan kuat. Gunakan kain bersih untuk menggosok mata jika mata anda gatal. Menggosok mata dengan tangan telanjang apalagi dengan kuat menyebabkan kerusakan  sel-sel serta saraf pada mata.

# Rendam mata di air bersih. Anda juga bisa memanfaatkan cairan khusus mata untuk membersihkan mata dari debu dan bakteri, setiap kali habis bepergian.

# Jaga jarak penglihatan anda 50cm – 100cm dari layar komputer atau televisi. Melihat layar monitor dengan cahaya yang kuat akan menyilaukan mata dan membuat mata sakit.

# Istirahatkan mata. Jangan memaksa mata anda untuk terus membaca buku atau layar komputer. Istirahatkan mata anda dengan melihat pemandangan yang segar. Misalnya melihat hijaunya pepohonan dan warna warni bunga di taman. Hal ini dapat mengurangi ketegangan mata.

# Makan makanan yang tinggi kandungan Vitamin A. Selain wortel, sayuran yang mengandung vitamin A di antaranya tomat, bayam, labu kuning, cabai merah. Sedangkan buah-buahan di antaranya apel, pisang, pepaya dan

strowberi. Anda bisa memilih yang paling anda suka.

# Gunakan alat pelindung mata. Anda bisa menggunakan kaca mata gelap pelindung UV jika berada di bawah sinar matahari.Manfaatkan penggunaan kacamata gelap untuk aktivitas harian anda seperti bermain golf atau mengendarai motor.

# Lakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk menghindari masalah mata. Jika anda  merasakan ada kelainan pada penglihatan anda, segera temui dokter mata untuk mengatasinya.

# Berhenti merokok. Bagi perokok aktif mulailah kurangi atau hentikan kebiasaan buruk ini. Asap rokok dan kandungan rokok bisa merusak syaraf mata bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

# Kompres kedua mata anda dengan irisan timun. Ini dapat menyegarkan mata anda yang kelelahan. Lakukan sambil berbaring dan 

terpejam.

Dengan melakukan perawatan mata, mata anda akan tampak lebih bersinar dan berkilau. Anda pun tampak lebih menarik.[Editor: Tri Meinarni]

astaga wanita mata kecantikan aura kesehatan