6 Cara Menjaga Kesehatan

Kesehatan tubuh sangatlah penting, apalagi saat ini berbagai virus cepat sekali berkembang. Untuk menghindari hal tersebut berikut 6 tips untuk menjaga kesehatan perlu kamu ketahui.

1. Kebiasaan Anda, mempengaruhi kesehatan Anda

Semua penyebab utama kematian  seperti kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru dan cedera, dapat dicegah  dengan membuat pilihan gaya hidup sehat .

2. Jangan merokok

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia. Survey Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan setiap jamsekitar 46 orang meninggal dunia karena penyakit yang berhubungan dengan merokok di Indonesia. Kebiasaan merokok sedikitnya menyebabkan 30 jenis penyakit pada manusia. 

3. Hindari Alkohol

Terlalu banyak alkohol dapat merusak hati dan menimbulkan beberapa jenis kanker, seperti tenggorokan dan kanker hati . Alkohol juga memberikan kontribusi penyebab kematian akibat kecelakaan mobil, pembunuhan dan bunuh diri.

4. Mengkonsumsimakanan yang sehat

Diet sehat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat akan mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes,dan kerusakan arteri. Para ahli berpendapat bahwa beragam jenis penyakit tersebut, bisa dihubungkan dengan apa yang Anda makan. Dan lagi, dengan membuat pilihan makanan sehat, Anda juga dapat menurunkan kolesterol dan berat badan .

5. WaspadaBerat Badan

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker tertentu, penyakit kandung empedu dan radang sendi (seperti tulang belakang , pinggul atau lutut ). Dengan rajin  mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang tinggi serat, diet rendah lemak dan olahraga teratur,  dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya .

6. Berolahraga

Olahraga dapat membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, osteoporosis dan depresi . Hal ini juga dapat membantu mencegahkanker usus, stroke dan cedera punggung . Cobalah untuk berolahraga selama 30sampai 60 menit, dengan rentang waktu  4 sampai 6 kali seminggu.

cantik bugar tips kesehatan berolahraga