5 Cara Mengontrol Emosi

Setiap beraktivitas harian, emosi terkadang bermain. Entah itu senang, sedih, marah, kesal, dan lain sebagainya. Semuanya bisa campur aduk tanpa bisa dikendalikan.

Ilustrasi: Freeimages.com

Tapi bagaimana bila ladies harus menghadapi emosi saat sedang berkumpul bersama kolega, rekan atau keluarga hanya untuk membahas sesuatu, termasuk komentar dalam sosial media? Well, simak yang berikut lebih dulu.

1. Jangan buru-buru kemukakan opini

Belakangan banyak terjadi pro dan kontra akan suatu postingan di media sosial. Mungkin tak terkecuali ladies. Bila ingin beropini, jangan terburu-buru mengemukakannya. Lihat situasi dan gunakan logika, bukan emosi semata. 

2. Banyak mendengar 

Kritikan tidak selalu negatif. Coba dengarkan tanpa langsung membalas. Ladies tak perlu menghabiskan waktu dan energi pada mereka yang membenci ladies. Karena tahukah, akan lebih mudah mengontrol emosi saat diri mendengarkan ketimbang berbicara. 

3. Tak harus selalu menang

Namanya saja berargumen. Setiap orang bisa tarik urat untuk memuaskan ego-nya. Ingat selalu, tidak semua masalah penting diperdebatkan dan ingat dalam berdiskusi tidak harus selalu menang, bukan? 

4. Pilih lingkungan yang positif

Berkumpul dan bercengkrama kadang berakhir dengan pembahasan yang serius. Diperlukan pengendalian emosi dan lingkungan bisa sangat mempengaruhi. Pastikan saja ladies selalu berada dalam lingkungan yang positif.

5. Respon, bukan reaksi

Mungkin tidak mudah, tapi ketenangan diri dengan tidak terbawa emosi mampu membuat ladies lebih cepat merespon secara cerdas tanpa harus menimbulkan konflik. Memang tidak mudah, tapi ini semua bisa dipelajari dengan mengambil jeda untuk berpikir dan mengevaluasi. 

Emosi feeling tips