10 Tips Mengatasi Flu Tanpa Perlu ke Dokter!

Musim penghujan telah tiba, itu artinya kita harus lebih waspada jika suatu waktu banjir melanda. Kita pun harus waspada dengan datangnya virus penyakit, terutama flu.

freepik

Influensa atau yang lebih dikenal dengan sebutan flu adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit flu dapat dengan mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, juga batuk dan bersin. 

Meskipun tergolong penyakit ringan, Anda tetap harus berhati-hati ya moms! Karena flu mudah sekali menjangkiti siapa saja. Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya adalah badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, sakit kepala, dan mata berair.

Tapi jangan khawatir moms, karena flu sebetulnya bisa sembuh dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh membaik. So, jika momies atau anggota keluarga dilanda flu, jangan terlalu cepat memutuskan ke dokter, 10 tips alami ini bisa membantu mengatasi flu, coba deh!

1. Banyak minum air putih

Air putih memang mempunyai segudang manfaat. Diantaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek.
Usahakan minum air puith minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

2. Mengkonsumsi minuman hangat

Selain memperbanyak minum air putih anda juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, atau air jeruk hangat.

Mengapa harus hangat? Karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir. So, jika anda flu segeralah minum yang hangat-hangat!

3. Beristirahat

Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan  mudah menyerang saat sistem kekebalan tubuh melemah.

So, sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kembali normal.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Saat flu, kondisi tubuh melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh juga melemah. Kandungan vitamin dan gizi yang banyak terdapat pada buah dan sayur akan mengembalikan daya tahan tubuh menjadi normal. So, perbanyak makan sayur dan buah ya moms saat flu.

5. Terapi uap tradisional

Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu. Caranya masukan air panas ke dalam baskom,

Gunakan handuk menutupi kepala, lalu tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut. Agar hasilnya lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya ke dalam air hangat.

6. Berkumur

Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Mengapa harus berkumur? Tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan.

Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Atau kalau mau lebih praktis, berkumurlah dengan cairan khusus untuk berkumur yang banyak beredar di pasaran.

7. Menghirup aroma minyak kayu putih

Menghirup aroma yang menyegarkan dan melegakan pernapasan dapat meringankan flu. Oleskan minyak kayu putih di lubang hidung dan hirup aromanya dalam-dalam. Oleskan juga pada dada dan leher. Efek hangat yang ditimbulkannya dapat mengurangi perasaan tak nyaman karena flu.

8. Mandi dengan air hangat

Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat. Tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Hindari minuman atau makanan yang mengandung es.

9. Konsumsi rempah-rempah yang hangat

Mengkonsumsi rempah-rempah yang hangat juga mengatasi flu yang Anda derita. Rempah-rempah tersebut si antaranya kencur, jahe, kemangi, dan sereh.

Caranya salah satu atau semua rempah-rempah tersebut direbus dengan air secukupnya,  tambahkan gula aren atau madu, lalu minum air rebusannya.

10. Minum madu dan air hangat

Berbagai khasiat madu sudah tak diragukan lagi. Selain rasanya yang manis dan enak, madu bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit,  termasuk flu atau pilek. So, saat flu jangan lupa minum madu tiga kali sehari ya moms, tapi barengi dengan air hangat agar khasiatnya lebih terasa.

So, jika momies atau anak-anak dilanda flu ga perlu buru-buru ke dokter ya moms. Tak perlu terlalu cepat juga memberikan obat-obatan. Atasi dengan cara alami tadi. Ke dokter adalah alternatif terakhir jika flu tak kunjung sembuh ketika sudah dilakukan berbagai upaya atau dibarengi penyakit lain. Untuk mencegah terjadinya flu, jagalah selalu kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi makanan bergizi, dan cukup asupan cairan. [Tri ]

astaga 10 tips musim hujan virus dokter info waspada