10 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Kanker

Sampai detik ini kanker merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti. Bayangan kematian pasti akan berkecamuk di benak siapapun ketika divonis menderita kanker.

Kanker adalah suatu penyakit pertumbuhan sel dalam organ tubuh yang timbul dan berkembang biak secara abnormal, tidak terkendali, dan begitu cepat. Sel-sel baru itu memiliki sifat dan bentuk yang berbeda dengan sel asalnya sehingga merusak fungsi organ asalnya.

Meski penyakit ini terdengar mengerikan dan seolah tinggal menunggu waktu bagi pengidapnya, penderita tetap harus bersemangat dan terus berusaha mengupayakan kesembuhan. Selain terus berobat, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari.

Berikut ini 10 jenis makanan yang wajib dipantang oleh penderita kanker.

1. Daging

Daging merupakan salah satu jenis makanan yang harus dipantang oleh penderita kanker, terutama untuk kanker payudara, prostat, dan kelenjar getah bening. Mengonsumsi daging pada penderita kanker dapat menyebabkan pertumbuhan kembali sel yang tidak normal. Beberapa daging yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker, yaitu daging babi, kerbau, kambing, dan daging sapi.

Selain itu daging unggas seperti daging ayam, burung, bebek dan lainnya juga harus dihindari.  Alasannya adalah karena pertumbuhan daging unggas dilakukan dengan penyuntikan hormon yang kemudian dapat menjadi pemicu kanker menjadi lebih parah

2. Ikan asin

Dalam proses pembuatan ikan asin, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan pengawet berbahaya. Salah satu bahan pengawet yang sering digunakan adalah formalin (pengawet jenazah manusia). Jika bahan pengawet ini secara terus menerus digunakan maka akan menimbulkan hepatotoksik (keracunan pada organ hati). Sehingga akan menimbulkan gangguan pada sel dan dapat menyebabkan perkembangan sel-sel kanker.

3. Sea food

Sea food merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak disukai, namun tidak bagi penderita penyakit kanker. Ya, Sea Food merupakan salah satu makanan yang memiliki lemak  sangat tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker, karena menyebabkan sel-sel kanker semakin berkembang.

4. Makanan yang dipanggang/dibakar

Makanan yang dipanggang atau dibakar juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker. Makanan yang dipanggang memliliki banyak kandungan zat-zat yang berbahaya, salah satunya kandungan zat karsinogen aktif dimana kandungan zat ini dapat mengembangkan kembali sel-sel kanker.

5. Makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan sangat tidak dianjurkan oleh penderita penyakit kanker. Makanan yang diawetkan memiliki kandungan zat bernama nitrit yang dapat dikonversi ke N-nitrosamine. Zat ini merupakan salah satu racun kuat yang menjadi salah satu penyebab kanker. Selain itu zat ini juga dapat membahayakan hati dan organ tubuh lainnya.

6. Minuman berkarbonasi dan beralkohol

Selain makanan, beberapa jenis minuman juga harus dipantang. Beberapa minuman yang harus dipantang oleh penderita penyakit kanker adalah minuman berkarbonasi dan beralkohol. Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan gangguan kelancaran pada peredaran darah. Sementara minuman beralkohol dapat merangsang perkembangbiakan sel-sel kanker.

7. Sayuran dan buah-buahan yang mengandung alkohol dan gas

Tidak semua sayuran dan buah-buahan dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit, terutama oleh penderita  kanker. Beberapa sayuran seperti cabai, kangkung, sawi putih, dan tauge merupakan jenis sayuran yang harus dipantang oleh penderita kanker karena gas yang terkandung di dalamnya dapat mendorong pertumbuhan sel kanker dan menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh.

Sementara untuk buah-buahan yang harus dipantang oleh penderita kanker adalah anggur, duku, durian, lengkeng, nangka, dan nanas. Karena buah-buahan tersebut dapat menghasilkan alkohol yang memicu kembali pertumbuhan sel kanker.

8. Makanan pedas

Makanan pedas memang dapat menambah selera makan, namun jangan sampai makanan yang dimakan terlalu pedas dan terlalu banyak mengandung cabai atau merica. Sensasi pedas dari makanan dapat memberikan efek panas bagi tubuh dan juga membuat pembuluh darah melebar. Akibatnya penyebaran sel kanker juga menjadi lebih cepat dan hal tersebut dapat memperparah kondisi kanker.

9. Makanan beryodium tinggi

Yodium memang diperlukan tubuh untuk mencegah terjadinya pembengkakan tiroid. Namun mengkonsumsi yodium secara berlebihan juga dapat menyebabkan keracunan hingga muncul penyakit kanker nasofaring, kanker tiroid dan jenis kanker lainnya.

10. Makanan yang mengandung penguat rasa

Sekarang ini hampir semua pedagang makanan menggunakan penguat rasa seperti vetsin untuk menambah cita rasa masakan. Padahal penguat rasa tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan. Penguat rasa seperti vetsin, MSG atau yang lainnya terbukti dapat menurunkan fungsi otak, meningkatkan produksi hormon hingga merusak sel yang dapat meningkatkan resiko kanker.

Nah  untuk penderita kanker, jangan patah semangat ya? Yang penting tetap berusaha untuk sembuh, rutin kontrol dan berobat ke dokter, menerapkan pola hidup sehat dan terus berpikir positif. [Tri]

astaga kesehatan bugar kanker makanan 10 tips info