10 Cara Ini Akan Membuat Tidur Anda Berkualitas

Tidur adalah aktivitas beristirahat yang sangat penting bagi manusia, setelah seharian beraktivitas. Karena saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel-sel tubuh yang kelelahan.

Tidur adalah aktivitas beristirahat yang sangat penting bagi manusia, setelah seharian beraktivitas. Karena saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel-sel tubuh yang kelelahan. Sehingga, tidur bukan hanya memerlukan waktu yang cukup, tapi juga harus berkualitas.

Namun, untuk memperoleh tidur yang berkualitas ternyata tidak selalu mudah. Sebagian orang yang sudah tidur cukup selama 6 sampai 8 jam per hari, ketika bangun mereka mengaku tak memperoleh tubuh yang segar. Padahal, tidur selama 6 sampai 8 jam per hari merupakan waktu tidur yang sudah dianggap cukup dari segi kuantitas.

So moms, berikut ini ada 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh tidur yang berkualitas. Check this out!

1. Rutin olah raga

Olah raga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mencegah obesitas saja. Olah raga juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda loh! Olah raga akan memperlancar sistem metabolisme dan juga sistem peredaran darah. Setelah olah raga biasanya tubuh akan terasa lelah, alhasil tidur akan terasa lebih berkualitas dan ketika bangun tubuh akan terasa lebih segar.

2. Buat jadwal jam tidur

Buatlah jadwal tidur secara teratur. Jika Anda hanya memiliki waktu tidur sekitar 3 jam saja, maka tidurlah dari jam 9 hingga jam 12 malam. Pada waktu tersebut, tubuh akan melakukan proses metabolisme secara lebih optimal. Selain itu, proses regenerasi sel dan juga rekronstruksi sel-sel otak juga berjalan lebih optimal. Jika waktu tidur malam Anda sangat terbatas, usahakan agar Anda tidak tidur di atas jam 12 malam.

3. Jangan makan terlalu banyak menjelang tidur

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan menjelang tidur akan membuat perut terasa tidak nyaman dan membuat sulit tidur. Untuk itu, usahakan agar makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur adalah makanan yang sehat dan dalam jumlah sedikit. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan segar sebagai alternatif.

4. Matikan perangkat elektronik

Matikan televisi, ponsel, atau perangkat komputer setiap kali Anda hendak tidur. Hal ini berguna untuk meningkatkan relaksasi pada tubuh sehingga aliran darah ke otak menjadi lebih optimal. Alhasil, tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

5. Hindari kebiasaan ngobrol melalui telepon sebelum tidur

Ketika Anda berbicara dengan teman atau orang terdekat Anda menggunakan telepon maka pada saat itu secara otomatis otak Anda telah disetting untuk selalu siaga. Anda akan membutuhkan waktu cukup lama  untuk mengubah sistem otak Anda menjadi lebih tenang. Karena itu, usahakan agar Anda tidak berbicara melalui telepon setidaknya setengah jam sebelum jam tidur.

6. Matikan lampu

Para peneliti menyarankan agar lampu dimatikan setiap kali akan tidur. Cara tersebut terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah Anda selalu terbangun ketika tidur. Menurut para peneliti, nyala lampu akan merangsang produksi hormon di dalam tubuh yang akan membuat tidur kita gelisah dan tidak berkualitas.

7. Gunakan kasur yang baik

Gunakanlah kasur yang membuat tubuh Anda terasa rileks ketika berbaring. Cara tersebut akan membantu tubuh Anda terasa lebih nyaman dan juga akan melancarkan peredaran darah. Jika kasur Anda sudah terlalu tua dan terasa tidak nyaman saat digunakan untuk berbaring tentu kualitas tidur Anda juga akan berkurang. Ganti kasur tidur Anda secara berkala.

8. Lingkungan tidur

Lingkungan tidur akan sangat mempengaruhi situasi hati dan juga pikiran Anda ketika tidur. Buatlah lingkungan tidur yang senyaman mungkin untuk membuat tidur lebih berkualitas. Anda bisa mengatur suhu AC pada temperatur yang sesuai dan nyaman bagi tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengubah dekorasi kamar tidur secara berkala untuk memperbaiki suasana hati dan pikiran sehingga terasa lebih rileks.

9. Hindari kafein

Minuman yang mengandung kafein merupakan asupan jenis stimulan yang akan membuat tubuh Anda terjaga lebih lama. Jadi bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi kopi sebaiknya mulai sekarang kurangi atau hentikan kebiasaan tersebut. Mengkonsumsi teh juga tidak disarankan menjelang tidur. Karena zat-zat dalam teh akan membuat Anda lebih sering buang air kecil di malam hari.

10. Persiapkan kebutuhan esok hari

Sebelum tidur biasakan untuk mempersiapkan kebutuhan esok hari. Misalnya menyiapkan baju kerja apa yang akan dipakai besok. Mulai dari blouse, rok, tas.dan sebagainya. Persiapkan juga kebutuhan anak mulai dari seragam sekolah, keperluan sarapan esok dan lain-lain.  Kebiasaan ini berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Karena setelah yakin semua kebutuhan esok tak ada masalah, Anda akan tidur lebih tenang tanpa terbebani berbagai persiapan esok.

Hal ini akan membantu otak untuk lebih terstruktur ketika tidur. Sehingga saat bangun pun Anda akan lebih siap menyambut pagi dan tak perlu tergesa-gesa mempersiapkan kebutuhan untuk beraktivitas.

Nah moms, bagaimana dengan tidur Anda? Sudahkah Anda tidur dengan nyenyak dan berkualitas? Jika belum, mulai sekarang usahakan agar Anda bisa tidur dengan nyaman, tenang dan berkualitas ya! Karena tidur yang berkualitas akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, memperlancar metabolisme, menyegarkan pikiran dan membuat awet muda. Anda pun akan lebih bersemangat beraktivitas seharian. [Tri]

astaga 10 cara tidur berkualitas bugar kesehatan