10 Cara Efektif Menghilangkan Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

Salah satu kebiasaan yang menyebabkan kegemukan adalah ngemil, terutama di malam hari. Hal ini adalah hal yang alami, karena rasa lapar bisa datang kapan saja, apalagi saat malam tiba.

Saat merasa lapar di malam hari, akan memicu seseorang untuk mencari pelarian, yakni cemilan.

Biasanya cemilan berupa makanan ringan yang gurih atau manis. Misalnya kacang, kripik, pilus, biskuit, dan lain-lain. Dan parahnya, makanan ringan sejenis ini menimbulkan ketagihan. Sehingga tanpa sadar kamu sudah banyak menelan jenis makanan tersebut. Akibatnya pelan-pelan berat badan terus meningkat.

Nah bagi kamu yang ingin punya berat badan proporsional, hindari kebiasaan ngemil ya, terutama di malam hari. Bagaimana caranya? Yuk praktekkan 10 tips berikut ini!

1. Sembunyikan cemilan

Jika kamu sering tergoda untuk makan pada malam hari karena lapar padahal sudah makan malam, sembunyikan cemilan. Jauhkan dari pandangan kamu segala cemilan yang membuat kamu tergiur. Kalaupun tetap ingin ngemil, pastikan bahwa apa yang kamu makan adalah makanan sehat dengan porsi kecil seperti buah apel atau pisang.

2. Jangan membeli cemilan

Cemilan  adalah musuh setiap orang meski memang akan menemani mereka dan memuaskan rasa lapar ketika malam. Jika kamu berniat  menjaga berat badan, maka jangan membeli cemilan supaya berat badan pun tetap terkendali.

3. Minum banyak air putih

Kamu mungkin pernah mendengar diet air putih. Ya diet air putih itu adalah sebuah cara untuk mengalihkan rasa lapar dengan meminum banyak air putih. Nah, kamu bisa memilih  minum air putih saja ketika rasa lapar datang di malam hari. Minum beberapa gelas air putih tak hanya akan membantu mencegah dehidrasi, tapi juga cukup mengganjal perut yang sedang lapar.

4. Minum teh hijau

Teh hijau dikenal cukup efektif mencegah berat badan berlebih. Maka minum teh hijau hangat di malam hari akan membantu kamu menekan rasa lapar. Tapi ingat ya, jangan tambahkan gula pada teh hijau. Kalau ingin sedikit rasa manis, tambahkan sedikit madu murni ke dalam teh hijau yang telah diseduh. Minum teh hijau dalam keadaan hangat akan lebih efektif daripada minum dalam keadaan dingin.

5. Mengalihkan perhatian

Saat rasa lapar datang, kamu bisa melakukan hal lain yang bisa membuat kamu lupa akan rasa lapar. Misalnya dengan membaca, melukis, menulis, merajut atau olahraga ringan. Intinya lakukan apa saja untuk mengalihkan perhatian kamu dari rasa lapar. Ketika tubuh dan pikiran kita aktif, maka rasa lapar pun akan hilang.

6. Kendalikan stress

Terkadang keinginan untuk ngemil muncul saat kita stress atau tertekan. Maka kendalikan pikiran kamu.  Cobalah bersikap santai dan rileks dengan mendengarkan musik, bermain sosial media atau mengecek email dan fasilitas chatting, atau apapun aktivitas yang kamu sukai. Jika kamu mampu mengendalikan emosi, maka kamu mampu menekan keinginan untuk ngemil  di malam hari.

7. Sikat gigi

Kalau memang merasa terganggu dengan rasa lapar di malam hari, sikat gigilah sesudah makan malam. Cara ini tak hanya akan memberikan perlindungan terhadap gigi saja, tapi hasrat untuk makan atau ngemil karena lapar pun dapat ditangkal secara efektif. Saat mulut sudah dalam kondisi bersih sehabis disikat, maka kamu akan merasa sayang untuk makan atau ngemil, karena itu artinya kamu  harus menyikat gigi lagi.

8. Tidur lebih cepat

Jika kamu khawatir merasa lapar di malam hari, maka tidur lebih cepat adalah cara yang tepat untuk mencegah rasa lapar di malam hari. So, kalau  sudah tak ada kegiatan yang penting,  gunakan waktu yang ada untuk segera tidur,  karena begadang hanya memicu keinginan ngemil.

9. Tempelkan tulisan rencana diet di tempat yang mudah terlihat

Tuliskan rencana diet kamu besar-besar dan tempelkan di tempat yang mudah terlihat. Misalnya di kulkas atau pintu kamar. Hal ini akan membuat kamu termotivasi kembali ketika hampir tergoda untuk ngemil di malam hari. Seberapapun laparnya kamu pada malam hari, godaan untuk makan atau ngemil dapat ditekan hanya dengan melihat kembali rencana diet yang sudah disusun.

10. Konsumsi makanan rendah kalori

Jika ingin menghilangkan rasa lapar pada malam hari secara mudah dan aman, kamu bisa menghindari makanan mengandung kalori tinggi. Beralihlah untuk mengonsumsi makanan yang rendah kalori. Buah ceri, apel, pir, wortel, kacang almond, serta susu hangat  rendah lemak akan lebih aman menjaga berat badan.

Nah ladies, mulai sekarang komit ya untuk menghentikan kebiasaan ngemil malam hari. Jika kamu konsisten, berat badan pun akan terjaga. Tapi jangan lupa imbangi dengan rutin olahraga dan konsumsi makanan kaya serat. [Tri]

astaga 10 cara ngemil malam hari kesehatan solusi