Proteksi Asuransi Berjangka Sewaktu-waktu

Asuransi berjangka hanya memberikan proteksi dalam jangka waktu tertentu saja. Asuransi ini memiliki premi paling murah diantara asuransi lainnya. Uang pertanggungannya pun bisa besar, mencapai miliaran dengan premi yang tidak terlalu menguras isi kantong

Asuransi berjangka hanya memberikan proteksi dalam jangka waktu tertentu saja. Asuransi ini memiliki premi paling murah diantara asuransi lainnya. Uang pertanggungannya pun bisa besar, mencapai miliaran dengan premi yang tidak terlalu menguras isi kantong. Asuransi jenis ini tidak memiliki nilai tunai. Jika pada masa berakhirnya kontrak asuransi tertanggung masih sehat walafiat, kontrak berakhir dan tidak ada uang yang diberikan kepada tertanggung.

Premi asuransi jiwa berjangka umumnya lebih terjangkau dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya yang memberikan tingkat perlindungan yang sama. Namun hal ini sebanding dengan perlindungan asuransi jiwa berjangka yang hanya memberikan perlindungan dengan jangka waktu terbatas, yaitu mulai dari 1 tahu, 5 tahun, hingga 20 tahun.

Durasi perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebenarnya, kebutuhan proteksi atas risiko kematian paling utama adalah di masa produktif pencari nafkah. Asuransi jiwa berjangka memberikan fleksibilitas bagi sebuah keluarga untuk menentukan durasi perlindungan sesuai kebutuhan mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun. Untuk jenis asuransi jiwa berjangka syariah, masih memiliki fitur bagi hasil di akhir masa asuransi jika tidak terjadi klaim alias tidak terjadi kematian.

Perbedaannya Dengan Asuransi Lain

Perbedaan mendasar dengan asuransi jiwa lain adalah tidak adanya fitur tabungan. Sehingga, kekurangan dari membeli asuransi jiwa berjangka adalah tabungan dan investasi harus dijalankan secara terpisah. Kebutuhan asuransi jiwa sangat bergantung kepada situasi masing-masing individu. Untuk banyak orang, asuransi jiwa menjadi bagian yang sangat penting dari perencanaan keuangan. 

Sebelum membeli polis asuransi jiwa, pastikan Anda sudah mengetahui berapa kebutuhan nilai pertanggungan untuk keluarga. Selain itu, pastikan juga Anda mampu untuk membayar premi asuransi karena pembelian polis asuransi jiwa adalah komitmen. Bila pembayaran premi terlewat, risikonya perlindungan finansial Anda tidak berlaku lagi. Jangan lupa juga untuk membaca dan memahami isi polis asuransi jiwa. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita asuransi jiwa kesehatan keselamatan