Mengenal Asuransi Gempa Bumi

PT Reasuransi Maipark Indonesia (Maipark) kembali memberikan penghargaan kepada 22 perusahaan asuransi gempa bumi, dengan penilaian dari berbagai kategori.

Kategori tersebit terdiri dari kategori A yang dinilai berdasarkan jumlah premium sesi pada posisi 2014-2016. Kemudian kategori B yang dinilai dari premi sesi posisi 2014-2016 danpremi properti nasional menurut data Asosiasi Asuransi Umum Indonessia (AAUI) tahun 2014-2016. Serta yang terakhir adalah kategori TOP Growth/ Rookie of the year 2016 dengan dua pemenang yang dinilai dari jumlah kenaikan premi tertinggi dan prosentase kenaikan premi tertinggi di tahun 2015-2016.

Lantas apakah Asuransi Gempa Bumi tersebut ? Asuransi gempa bumi adalah salah satu asuransi yang sangat cocok untuk masyarakat Indonesia, karena letak geografis Indonesia sendiri berada di daerah dengan rawan gempa. Asuransi ini memberikan jaminan kerugiandan juga kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam gempa bumi. Asuransi semacam ini biasanya tidak hanya memberikan jaminan kepada  yang terkena gempa bumi namun juga terkena bencana lainnya seperti letusan gunung berapi, tsunami dan kebakaran. Nantinya pemegang asuransi mendapatkan ganti rugi untuk barang-barang yang telah dijamin yang rusak akibat goncangan atau getaran bumi.

Jumlah jaminan yang akan diberikan adalah jaminan atas gempa bumi yang terjadi selama 72 jam dan dianggap sebagai satu rangkaian peristiwa. Ini artinya nasabah hanya akan mendapatkan satu kali penggantian dan potongan klaim. Kerusakan dan kerugian yang biasanya disebabkan oleh gempa bumi maupun peristiwa alam lainnya biasanya akan sangat besar sehingga harga pertanggungan untuk asuransi jenis ini biasanya juga besar.

Sebaiknya nasabah mendapatkan asuransi ini dari perusahaan asuransi yang terpercaya dan telah berpengalaman dalam waktu yang lama. Saat ini telah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi untuk beragam keperluan dan memberikan jaminan dalam jumlah yang besar. Salah satu jenis asuransi yang ditawarkan adalah jenis asuransi yang dikarenakan bencana alam misalnya letusan gunung berapi, kebakaran, ledakan besar, tsunami dan juga gempa bumi. Kepemilikannya memang sangat dibutuhkan mengingat masyarakat Indonesia  tinggal di daerah dengan tingkat resiko atas adanya ancaman gempa bumi. Melindungi harta benda dan bangunan dari gempa bumi dengan asuransi gempa bumi bisa membuat kita lebih tenang.

Adapun pemenang penghargaan pada kategori A adalah PT Asuransi Central Asia, Pt Chubb General Insurance, PT Lippo General Insurance Tbk, PTAsuransi Tokio Marine Indonesia, PT Sompp Insurance Indonesia, Asuransi WahanaTata, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, PT Asuransi Astra Buana, PT FPGIndonesia, Asuransi MSIG Indonesia.

Untuk pemenang kategori B, yakni PT Asuransi Binagriya Upakara, PTPan Pasific Insurance, PT Asuransi Intra Asia, PT KSK Insurance Indonesia, PTAvrist General Insurance, PT Asuransi Bintang Tbk, PT Asuransi AXA Indonesia, PT Asuransi Jasa Raharja Putera, PT Asuransi Adira Dinamika, PT AsuransiReliance Indonesia. Sementara yang berhasil menyabet gelar Rookie of The Year adalah PT China Taiping Insurance Indonesia dan PT Asuransi Jasa Tania Tbk. (Maria)

asuransi astaga wanita usaha gempa bumi