Bisnis Asuransi dan Agen Ditopang Kelas Menangah

Pertumbuhan kelas menengah dan tingkat literasi keuangan menopang pertumbuhan industri jasa Asuransi. Pertumbuhan tidak hanya terjadi di sektor bisnis, tetapi juga agen asuransi.

Direktur Agency PT AIA Financial Ang Tiam Kit mengatakan, bisnis AIA secara global pada triwulan I/2017 tumbuh 55 persen dibandingkan periode sama tahun lalu menjadi sebesat 848 juta dollar AS. Agen yang masuk kategori million dollar round table sebanyak 8.324 agen atau meningkat 46 persen dibandingkan tahun lalu.

“Adapun pertumbuhan bisnis AIA di Indonesia pada triwulan I tahun ini Rp 612 miliar. Agen AIA Indonesia yang masuk kategori MDRT sebanyak 297 agen atau meningkat 4,95 persen dibandingkan tahun lalu. Total agen AIA di Indonesia sekitar 6.000 agen,” kata Ang dalam konferensi pers di Jakarta.

MDRT merupakan standar penilaian dalam asuransi jiwa dan bisnis layanan keuangan internasional. Para anggotanya yang terdiri dari agen asuransi harus dapat menghasilkan premi, komisi, dan pendapatan dalam jumlah tertentu.

Agen yang berhak masuk kategori itu juga harus profesional, melaksanakan kode etik, dan memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Mereka minimal harus menjual premi asuransi senilai Rp 543 juta. Ang menambahkan, pertumbuhan bisnis dan agen di Indonesia juga ditopang pertumbuhan kelas menengah dan pemahaman literasi asuransi yang tetap akan menopang pertumbuhan asuransi ke depan. (Editor: Maria L. Martens)

astaga wanita wanita karir asuransi agen keuangan investasi