10 Pertimbangan Wanita Dalam memilih Asuransi

Menjadi wanita masa kini memang membutuhkan tantangan tersendiri.

Menjadi wanita masa kini memang membutuhkan tantangan tersendiri. Selain dituntut untuk memberi perhatian penuh pada keluarga, wanita juga bertanggung jawab terhadap perencanaan keuangan keluarga. Salah satunya mengenai proteksi asuransi.

Meski demikian, tak mudah untuk memilih jenis asuransi yang tepat bagi wanita modern, yang dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan.

Para wanita modern itu membutuhkan asuransi yang tepat yang dapat menanggung beragam resiko. Nah apa saja pertimbangan wanita dalam memilih asuransi?

Berikut ini adalah hal yang perlu ladies pertimbangkan dalam memilih asuransi:

1. Kehamilan dan persalinan

Sudah menjadi kodrat seorang wanita untuk hamil kemudian menjadi seorang ibu. Persalinan bisa saja memiliki risiko finansial yang cukup besar dan butuh proteksi jika sampai harus menjalani operasi caesar yang membutuhkan tindakan medis. Untuk itu, asuransi kehamilan dan asuransi persalinan sebaiknya dimiliki seorang wanita modern untuk menjamin kesehatan anak dan dirinya.

2. Proteksi kanker serviks

Kanker serviks adalah momok yang sangat ditakuti para wanita, terutama wanita modern yang  tinggal di perkotaan dengan gaya hidup kekinian. Terlebih data menunjukkan bahwa ada 40 wanita Indonesia yang sangat mungkin terkena kanker serviks setiap harinya. Karena itu, banyak perusahaan asuransi yang saat ini telah menyediakan perlindungan terhadap risiko kanker serviks.

Namun, perlu dicatat bahwa bila ingin menggunakan tipe asuransi ini, lakukanlah pemeriksaan sedari awal. Mengingat polis pertanggungan adalah mulai dari tahap awal terjadinya hingga stadium lanjut dan akhir.

3. Proteksi kanker payudara

Tipe perlindungan asuransi yang satu ini harus ditanyakan pada agen asuransi terlebih dahulu. Mengingat pentingnya punya tipe asuransi yang satu ini. Apalagi ada data bahwa kanker payudara adalah pembunuh wanita no. 1 di Indonesia. Tanyakan dengan lengkap tentang program asuransi ini pada agen asuransi yang Anda percaya.

4. Asuransi jiwa murni

Tidak ada yang bisa memperkirakan datangnya musibah. Terlebih kalau seorang wanita bekerja di lingkungan yang rentan terjadi kecelakaan kerja.

Asuransi jiwa akan memberikan manfaat dan dampak positif bagi pemegang polis asuransi jiwa. Sebab tak hanya bermanfaat bagi si pemegang polis, tetapi untuk seluruh keluarga tertanggung. Sebab bila terjadi sesuatu hal yang negatif, polis asuransi jiwa akan bisa dimanfaatkan sebagai satu wujud perlindungan finansial yang potensial.

5. Kemampuan membayar premi asuransi

Selain mempertimbangkan jenis asuransi yang paling tepat, kemampuan daya beli pribadi tentu harus menjadi pertimbangan yang sangat penting. Ingat, memiliki asuransi berarti menambah pengeluaran. Karenanya sesuaikan dengan daya beli pribadi sebelum menjatuhkan pilihan tipe asuransi apa yang hendak dipilih.

6. Sesuai kebutuhan

Hindari membeli asuransi yang tidak dibutuhkan. Para pakar menyebutkan untuk hanya memiliki asuransi kesehatan tidak perlu sampai lebih dari dua. Ini karena berkaitan dengan perhitungan angka premi yang harus dibayar.

7. Perusahaan terpercaya

Pilih asuransi dari perusahaan terpercaya apalagi asuransinya dikhususkan untuk penyakit tertentu seperti asuransi kesehatan untuk kanker atau sejenisnya. Mungkin preminya sedikit lebih mahal, tapi manfaat akan bisa didapatkan ketika waktunya memang benar-benar dibutuhkan.

8. Penjelasan yang detail

Banyak kejadian di mana pada saat mengajukan klaim orang menyalahkan perusahaan asuransi karena merasa dihambat dan tidak bisa melakukan pencairan. Bisa jadi ini bukan kesalahan dari pihak asuransi itu sendiri. Namun, ada beberapa persentase di mana klaim tidak kunjung cair karena beberapa term yang tidak masuk dalam pertanggungan asuransi tersebut.

Perusahaan asuransi punya skema yang berbeda antara satu dan lainnya. Sebagai calon pemegang polis, yang harus dilakukan adalah mengetahui secara detail agar jangan sampai ada masalah saat mengajukan klaim di kemudian hari.

9. Jaminan perlindungan

Asuransi memberikan jaminan perlindungan dan rasa aman dari risiko yang mungkin akan datang.
Risiko yang Anda alami akan ditanggung perusahaan asuransi sesuai dengan kontrak yang sudah Anda tandatangani. Selain itu, memiliki asuransi juga membawa ketenangan hidup dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

10. Membantu mengelola keuangan

Nah, pertimbangan lainnya kenapa Anda harus punya asuransi adalah bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan. Dengan membayar premi atau polis tiap bulannya hingga beberapa tahun ke depan, itu berarti Anda sudah mengatur keuangan.

Nah, itu dia 10 pertimbangan yang harus ladies pikirkan sebelum memutuskan memilih asuransi. Ingat ya, dengan ikut asuransi Anda menjadi lebih cermat menggunakan penghasilan. Karena Anda akan mendahulukan pembayaran premi sebelum kebutuhan lainnya. Ini akan memberi dampak positif di masa depan. [Tri]

astaga wanita wanita karir asuransi pertimbangan