Film Indonesia Terpopuler Tahun 2020

Sepanjang tahun 2020, banyak film yang sukses ditonton jutaan orang dan viral di internet.

INDONESIA juga tidak lepas dari fenomena tersebut. Sayangnya, pandemi COVID-19 yang muncul di bulan Maret meruntuhkan industri perfilman yang sedang berada di puncak kejayaan. Ini deretan film paling populer sepanjang tahun 2020.

Daftar film Indonesia yang dirilis dan populer sepanjang tahun 2020, beberapa di antaranya sudah dirilis secara digital sehingga masyarakat bisa menyaksikan secara legal.

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

Film yang disutradarai Angga Sasongko ini dirilis pada awal tahun 2020. Mengambil tema keluarga dan percintaan, film ini disaksikan lebih dari dua juta penonton selama penayangan di bioskop. NKCTHI semakin populer dengan penampilan perdana penyanyi Ardhito Pramono yang berakting sebagai Kale.

Akhir Kisah Cinta Si Doel

Bagian terakhir dari cerita cinta si Doel ini disutradarai oleh Rano Karno. Kisah cinta Doel yang populer di masanya masih terasa hingga kini. Terbukti, film ini ditonton lebih dari 1,1 juta orang dan menjadi film ketiga yang paling banyak ditonton di tahun ini.

Milea: Suara Dari Dilan

Masih dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, film yang diadaptasi dari buku ini meninggalkan kesan manis bagi penggemar ceritanya. Tiga juta penonton dikantongi Milea: Suara Dari Dilan.

Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2

Sukses dengan bagian pertamanya, sutradara Timo Tjahjanto menampilkan horor yang dua kali lipat menyeramkan dalam sekuelnya. Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2 juga menghadirkan beberapa pemain baru, di antaranya Lutesha, Arya Vasco, dan Baskara Mahendra.

Mariposa

Duet Angga Yunanda dan Adhisty Zara digemari penonton. Kali ini Mariposa jadi proyek terbaru mereka. Sayangnya film ini sempat terhenti penayangannya akibat bioskop ditutup karena pandemi. Tetapi berita baiknya adalah mulai hari ini, film Mariposa sudah bisa disaksikan kembali secara teatrikal.

Guru-Guru Gokil

Salah satu film yang banyak diantisipasi penonton, Guru-Guru Gokil harus pindah ke layanan streaming Netflix. Film ini diproduseri Dian Sastrowardoyo dan dibintangi Gading Marten. Guru-Guru Gokil menceritakan perjuangan seorang pria yang bekerja menjadi guru pengganti di sebuah sekolah.

Story of Kale: When Someone’s in Love

Film NKCTHI yang populer tidak terlepas dari karakter Kale yang diperankan Ardhito Pramono yang selalu menempati kolom trending di media sosial. Angga Sasongko pun membuat sebuah film spin off yang menampilkan cerita masa lalu seorang Kale. Dirilis eksklusif di Bioskop Online dan dibanderol 10 ribu saja, film ini ditonton lebih dari 200 ribu orang.