Wisata Bali Kembali Dibuka

Bali berencana menerima kembali wisatawan dalam negeri pada akhir bulan Juli, beberapa bulan setelah ditutup untuk menekan penyebaran wabah Covid-19.

PULAU BALI adalah salah primadona pariwisata Indonesia yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa yang sudah terkenal di dunia. Selain dikenal dengan pesona baharinya, Bali juga terkenal dengan aneka kesenian dan kebudayaan unik yang masih terus di lestarikan.

Setelah berbulan-bulan ditutup dari kegiatan wisata, kini Pemda Bali berencana membuka beberapa obyek wisatanya. Diantaranya yang ada   di Pulau Nusa Penida, Bali, akan segera dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan di era tatanan baru. Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta, memastikan kesiapan fasilitas menggunakan penerapan protokol kesehatan. “Saya akan memastikan seluruh fasilitas umum termasuk tempat pariwisata untuk menerapkan protokol kesehatan tatanan baru,” ujar Suwirta.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Wayan Koster, mengatakan telah memberi izin pembukaan lokasi wisata di Klungkung. Dia mengaku sudah meninjau lokasi. “Destinasi wisata Klungkung khususnya yang ada di Kabupaten Klungkung Daratan, telah siap dibuka untuk wisatawan dengan menerapkan protokol tatanan kehidupan era baru Klungkung sudah sangat baik,” kata Koster.

Koster menambahkan wisatawan bisa datang ke Bali tanpa rapid test. “Wisatawan Nusantara baru dapat mengunjungi destinasi wisata di Bali secara bebas tanpa perlu membawa hasil rapid test pada 30 Juli 2020,” tutur Koster.

“Untuk Nusa Penida, kami masih akan melakukan pengecekan dan peninjauan kesiapan, karena di sana ada beberapa yang dikelola perorangan. Kami Pemkab Klungkung pasti akan hadir untuk membantu protokol kesehatannya, semoga dengan seluruh upaya ini bisa memberikan hasil yang maksimal,” kata Suwirta.

Di Klungkung memang ada banyak obyek wisata dilewatkan.  Objek wisata dan tempat rekreasi Bali tersebar di seluruh wilayah Kabupaten, namun demikian sejumlah wilayah memiliki ciri khas sendiri. Seperti halnya Kabupaten Klungkung memiliki sejumlah tempat menarik, walaupun tidak sebanyak Kabupaten Badung yang memiliki tempat indah seperti pantai Kuta, Nusa Dua, Pandawa dan Jimbaran ataupun Kabupaten Gianyar, tapi Kabupaten Klungkung memiliki sejumlah aset alam dan tempat rekreasi berbeda.

Kabupaten Klungkung memiliki wilayah cukup kecil sehingga mudah untuk dijangkau, namun demikian kabupaten ini memiliki tiga  buah pulau terpisah dengan daratan utamanya yang juga menjadi pusat pariwisata dan menjadi tujuan liburan yang cukup diminati, pulau-pulau tersebut diantaranya Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Ceningan.

Akses menuju pulau-pulau tersebut dengan speed boat, bisa berangkat dari dermaga Sanur, Kusamba dan Padang Bai. Wilayah Kabupaten Klungkung berbatasan dengan Kabupaten Karangasem, Bangli, Gianyar dan Samudera Hindia sehingga memiliki sejumlah pantai indah walaupun berpasir hitam.

Komplek Kertha Gosa

Salah satu objek wisata sejarah warisan Bali tempo dulu ada di Kabupaten Klungkung, tempat tersebut adalah Kertha Gosa (Kerta Gosa). Bangunan kuno jaman kerajaan tersebut, memiliki nilai sejarah ini berada di tengah kota Klungkung, tepatnya depan kantor Bupati. Jika perjalanan dari pusat kota Denpasar, memakan waktu 60 menit dengan naik mobil.

Kertha Gosa menjadi destinasi tur yang cukup populer bagi wisatawan yang liburan ke pulau Dewata Bali, terutama dengan agenda tour ke wilayah Bali Timur, sebuah tempat wisata budaya dan sejarah yang terjaga dengan baik. Lokasinya strategis persisi di seberang lapangan Puputan, di pusat kota jalan Kenanga no. 11 Semarapura.

Kertha Gosa Klungkung didirikan pada abad XVII, pada jaman kerajaan Klungkung di masa pemerintahan Dewa Agung Jambe, beliau adalah raja pertama Klungkung, putra ke dua Dalem Dimade yang mana merupakan raja terakhir dari dinasti kerajaan Gelgel. Pada masa pemerintahan Dewa Agung Jambe, raja membangun istana ataupun lazim disebut puri yang dinamakan dengan Semara Pura.

Bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Klungkung ini dibangun pada tahun 1686 oleh I Dewa Agung Jambe. Bangunan tersebut sempat hancur karena invansi Belanda. Kerta Gosa memiliki beberapa komplek bangunan seperti Bale Kerta Gosa, Bale Kambang atau disebut juga sebagai Taman Gili dan gerbang utama atau pemedal agung. Pada bangunan Bale Kambang dan Bale Kerta Gosa pada langit-langit bangunan tersebut terdapat lukisan pewayangan berasal dari seniman desa Kamasan. Lukisan-lukisan tersebut mengisahkan tentang hukum karma phala, persidangan dan juga kisah-kisah epos Mahabratha, Ramayana dan Tantri.

Pada areal puri Semara Pura juga terdapat komplek Kertha Gosa, yang terdiri dari dua buah bangunan yaitu Bale Kambang dan Kerta Gosa, bangunan Bale Kambang dikelilingi oleh kolam Taman Gili, terlihat begitu cantik dengan berbagai ornamen indah dan unik peninggalan sebuah bangunan jaman kerajaan Klungkung.

Objek wisata di Klungkung Bali ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, selain sebagai peninggalan perjuangan melawan penjajah Belanda juga berbagai pesan moral yang terdapat pada lukisan wayang pada langit-langit bangunan, yang merupakan lukisan khas desa Kamasan Klungkung.

Kerta Gosa juga digunakan sebagai tempat sidang raja-raja di pulau Bali dan tempat melaksanakan upacara Manusia Yadnya keluarga kerajaan, sekarang ini menjadi tempat wisata dan destinasi tour bagi wisatawan yang liburan ke pulau Dewata.

Perjalanan dari arah Kuta, Denpasar ataupun Bandara, tidak akan menyita banyak waktu, jika  menuju ke arah Bali Timur, objek wisata Kerta Gosa ada di sana.

Pulau Nusa Penida dengan Bukit Teletubbies

Kabupaten Klungkung memiliki tiga  buah pulau terluar dan yang terbesar adalah Pulau Nusa Penida, terletak di Kecamatan Nusa Penida. Pulau ini  memiliki sejumlah tempat wisata yang pantas dinikmati beberapa diantaranya adalah objek wisata Broken Beach (Pasih Uug), Toya Pakeh, Mata Air Seganing, Pantai Kristal, Pantai Atuh, Malibu Point, Manta Point, Batu Meling dan beberapa tempat lainnya seperti Pura Giri Putri, Dalem Ped dan Puncak Mundi sebagai tujuan wisata sekaligus persembahyangan bagi umat Hindu.

Karena dipisahkan oleh laut, alat transportasi menuju pulau Nusa Penida Klungkung bisa dengan perahu tradisional baik itu dari dermaga Kusamba, Sanur dan Padangbai. Ada juga speed boat atau fast boat (kapal cepat) yang merupakan alat transportasi favorit wisatawan.

Seperti namanya,  Nusa Penida juga dikenal dengan nama Nusa Gede, pulau tersebut adalah paling besar diantara ketiganya, pulau Nusa Penida Klungkung memiliki sejumlah destinasi dan objek wisata unggulan.

Warga lokal Bali menjadikan pulau Nusa Penida Klungkung ini sebagai tujuan wisata spiritual cukup populer, ditambah sejumlah keindahan tampil unik dan berbeda. Bukit Teletubbies salat satunya.  Dikenal juga sebagai Teletubbies Hill, mendengar nama tersebut mungkin sudah terbayang dengan film seri anak-anak Teletubbies, termasuk juga gugusan perbukitan hijau yang berbentuk seperti setengah bola, terlihat sangat menarik dan unik dengan gundukan dan lembah hijau. Lebih disarankan untuk berkunjung ke destinasi wisata di Nusa Penida ini tidak pada musim kemarau, karena rumput-rumput yang tumbuh pada permukaan bukit mulai mongering.  Keindahannya akan sempurna jika permukaan bukit dipenuhi oleh padang rumput hijau, terlihat mirip dengan bukit-bukit dalam serial film Teletubbies. Mengagendakan tur di Nusa Penida, maka tempat ini sayang untuk dilewatkan apalagi yang hobi wisata selfie dan main bersama anak-anak.  

The Monkey Bar at Bella Vista

Lokasi dari The Monkey Bar at Bella Vista berada di desa Besan, Kecamatan dawan, Klungkung. Tempat wisata dan rekreasi di Klungkung ini tergolong baru, menawarkan konsep yang berbeda. Berada di atas bukit, dan dilengkapi kolam renang dengan pemandangan indah perbukitan hijau, lembah-lembah cantik dan laut biru dari kejauhan, serta suasana alamnya yang tenang dan asri.

Sebuah patung Budha di tepi kolam menjadi spot ikonik, ideal untuk foto dengan alamnya yang instagramable. The Monkey Bar at Bella Vista menjadi tempat nongkrong dan bersantai yang ideal, termasuk juga melepaskan penat dan menjauhkan diri dari hiruk pikuk keramaian. The Monkey Bar at Bella Vista Klungkung sebagai tujuan wisata baru di kawasan Bali Timur, memberikan alternatif tempat rekreasi yang siap memberikan pengalaman liburan yang berbeda dan spesial.

Untuk warga lokal ataupun warga kota. Suasana alam yang ditawarkan memang juara, pemandangan indah alam hijau sekitarnya berpadu cantik dengan kolam renang serta sebuah patung Budha yang duduk bersila di tepi kolam.

Keberadaan sejumlah patung Budha di The Monkey Bar at Bella Vista Klungkung menjadi ikon di tempat wisata ini, di sini, seperti  patung Budha tidur ada juga patung Buddha yang duduk bersila di tepi kolam dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

Serunya bermain air dengan pesona alam indah di sekitar, akan mematri kenangan indah. Di sini juga disediakan restoran sebagai tempat bersantap. Berbagai menu disediakan, mulai dari menu makanan Indonesia sampai masakan Eropa.

Pulau Bali Wisata Bali Astaga.com