Truk Pickup Idaman

Pecinta truk pickup akan selalu terpuaskan dengan sentuhan tangan para pembuat custom. Kendaraan yang sudah berusia puluhan tahun mauapun yang terbaru, menjadi tampil garang dengan sentuhan para customis.

Truk pickup tetap menjadi pilihan banyak orang. Baik yang produksi puluhan tahun silam dan sudah direstorasi total, atau yang keluaran terbaru, semuanya memiliki keistimewaan. Seperti  di Arizona Amerika Serikat misalnya, sebuah Chevrolet K10 4X4, pickup-truck keluaran tahun 1969, yang telah direstorasi dan dimodifikasi terjual dengan harga 137.500 dollar AS dalam sebuah acara pelelangan. Sementara  pickup truck Chevrolet klasik lainnya, yang dikenal dengan ketangguhan dan desainnya yang mantap, juga terjual dengan harga yang lebih tinggi. Memang dalam beberapa tahun terakhir terlihat semakin meningkat  minat penggemar pickup terhadap model-model ini.

“Pickup truck antik Chevrolet cukup populer di kalangan para kolektor, bahkan menyaingi tipe muscle car,” ujar Craig Jackson, Chairman and CEO of Barrett-Jackson Auction Company. “Fenomena yang sangat  menarik adalah, ternyata para kolektor cenderung memburu kendaraan yang dinilai unik, dan sangat berbeda. Muscle car yang menjadi kendaraan koleksi, adalah mobil-mobil yang dinilai setimpal antara kualitas produk dan harganya. Sementara pickup truck antik yang paling menjadi incaran para kolektor adalah jenis pickup truck,  yang telah seluruhnya di custom dan elemen desain yang unik, serta pengerjaan dengan kualitas tinggi merupakan kriteria yang penting bagi mereka.”

Untuk menggambarkan nilai sebuah kendaraan, bagi para kolektor adalah ketika di kendaraan tersebut masih dijumpai  banyak komponen utama yang asli. Faktor ini menjadi penting dalam menilai sebuah  Chevrolet Corvette atau Camaro muscle car, tetapi kriteria tersebut tidak terlalu berpengaruh dalam kategori vintage pickup-truck.

Pickup truck klasik yang dimodifikasi, seperti Chevrolet 3100, Apache, Cameo dan model C/K keluaran tahun 1950-70an, merupakan sebuah tren yang muncul di dalam dunia kendaraan kolektor.

“Salah satu daya tarik pickup truck klasik Chevrolet adalah kesempatan meng-custom pickup truck sesuai selera,” ungkap Sandor Piszar, Marketing Director Chevrolet Trucks. Sebuah pickup truck mudah ditemukan dengan harga yang relatif rendah, namun  tidak demikian dengan biaya pengerjaan modifikasi bodi, sasis, dan peningkatan performa, yang nyaris tanpa batas. Dalam hal ini, tidak salah jika pickup truck Chevrolet merupakan pilihan yang tepat bagi para kolektor dari berbagai usia.

Belakangan jajaran pick up kabin ganda yang beredar di pasar global juga menjadi pilihan banyak orang. Bahkan tampilannya diubah semakin garang dan gagah dengan roda-roda yang besar.

Laman Trendhunter.com menampilkan  Truk Off-Road 2021 RAM 1500 TRX. Truk Off-Road ini telah diluncurkan sebagai versi produksi dari konsep Rebel TRX, yang sebelumnya dipamerkan hampir empat tahun lalu. Truk tersebut dimulai dengan mesin 6.2L Supercharged HEMI V8, yang mampu menghasilkan 702 tenaga kuda, bersama dengan torsi 650 lb-ft. Transmisi otomatis dengan delapan kecepatan, menjadikannya salah satu truk produksi tercepat di dunia, yang mampu mencapai 60mph hanya dalam 4,5 detik dan menawarkan kecepatan tertinggi 118mph.

Truk Off-Road 2021 RAM 1500 TRX juga dilengkapi sistem induksi udara jalur ganda bersama dengan rangka, yang dibuat dengan menggunakan baja berkekuatan tinggi. Sistem suspensi depan independen, menawarkan peredaman aktif, sementara serangkaian LED di seluruh bagian menawarkan penerangan yang tajam.

Pertarungan untuk mendapatkan truk pickup berperforma tinggi terbaik menjadi semakin menarik sekarang, karena Ram 1500 TRX bertenaga 702 tenaga kuda telah memasuki arena. Setengah ton Hellcat bertenaga memiliki Ford F-150 Raptor. Selain persaingan, TRX adalah mesin yang mengesankan, dan mengintimidasi. Tubuhnya lebih lebar 8 inci dari Ram 1500 biasa, dan kemampuan off-road-nya telah diubah. Ini berkat rangka yang lebih kuat, suspensi yang lebih canggih, dan segudang karakteristik yang disempurnakan lainnya. Ram 1500 TRX 2021 juga sarat dengan interior yang sangat mewah, dan dikemas dengan semua teknologi terkini.

Dibuat untuk 2021

Ram telah menggoda saingannya yang bertenaga tinggi, F-150 Raptor sejak meluncurkan truk konsep gahar pada tahun 2016, tetapi sekarang penantiannya telah berakhir, dan godaan tersebut telah berubah menjadi kenyataan. Selain fakta bahwa truk off road ini mengemas motor Hellcat bertenaga 700 plus tenaga kuda, produksi TRX terlihat cukup dekat dengan apa yang dijanjikan. Dengan bodywork yang mengintimidasi, pembawa ban cadangan yang dipasang, roda berkemampuan beadlock warna bodi, dan banyak barang off-road lainnya, Ram yang paling radikal, terwujud sepenuhnya.

Mesin, Transmisi, dan Performa

Tersembunyi di antara spatbor TRX yang menonjol, dan di bawah kap scooped adalah Hemi V-8 6,2 liter supercharged. Lebih populer dikenal sebagai mesin Hellcat, versi khusus ini menghasilkan tenaga 702 tenaga kuda, dan torsi 650 lb-ft, yang dikirim ke keempat roda melalui transmisi otomatis delapan kecepatan. TRX diklaim memiliki waktu nol hingga 60 mph 4,5 detik, dan dikatakan dapat menyelesaikan seperempat mil dalam 12,9 detik pada 108 mph. Sementara waktu akselerasi itu sangat mengesankan untuk pickup mana pun.

Ram bertenaga Hellcat sebenarnya dimaksudkan untuk bermain di lumpur, batu, dan pasir. Bersama dengan rangka baja yang diperkuat, ia menawarkan suspensi yang diperkuat, dibuat untuk ditekuk dan diikat, dengan jarak tempuh lebih dari 13 inci.

Satu set ban besar 35 inci untuk segala medan, yang dipasang pada roda 18 inci yang berkontribusi pada ground clearance truk 11,8 inci. Ram mengatakan kendaraan seberat setengah tonnya dapat mengarungi air hingga kedalaman 32 inci. TRX juga dilengkapi dengan pelapis bagian bawah bodi mobil, yang cukup untuk melindungi truk Brink, peredam reservoir jarak jauh Bilstein, diferensial belakang pengunci elektronik, dan rem depan raksasa berukuran 15,0 inci.

Kapasitas penarik TRX ini diberi nilai hingga 12.750 pound, masih dapat menarik jumlah yang cukup besar lagi. Ini memiliki kapasitas penarik maksimum 8100 pound (100 lebih banyak dari F-150 Raptor), dan mampu membawa hingga 1.310 pound muatan (120 lebih banyak dari Ford).

Interior, Kenyamanan, dan Kargo

Ram telah mendefinisi ulang ekspektasi interior truk dengan pickup yang beratnya setengah ton ini. Menghadirkan material yang tampak kaya dan isolasi sempurna dari kebisingan luar. Tingkat kemewahan dan kehalusan itu, tampaknya berlanjut pada TRX, yang ditawarkan hanya sebagai kabin awak, dengan tempat tidur kargo pendek. Di bagian dalam, pelapis kain model dasar, dan perlengkapan standar, didasarkan pada Ram 1500 Rebel. Namun, paket TR1 dan TR2 opsional, membuat kabin terlihat dan terasa lebih manis secara signifikan, berkat permukaan berlapis kulit, campuran aksen lapisan mikro dan serat karbon.

Roda kemudi bagian bawah TRX memiliki sepasang pemindah dayung yang menonjol, tetapi ada juga pemindah lantai yang terletak di konsol tengah. Opsi teratas TRX termasuk kaca spion digital, head-up display, dan jok depan memiliki pemanas dan berventilasi.

Dasbor pada setiap TRX adalah sistem hiburan layar sentuh 12,0 inci. Unit ini menawarkan Apple CarPlay, Android Auto, navigasi internal, dan radio satelit SiriusXM. Tampilan dapat dibagi menjadi menu terpisah, sehingga beberapa aplikasi dapat dibuka sekaligus, dan juga dilengkapi tombol fisik pada bezel di sekitar layar, untuk kontrol yang lebih intuitif. Truk itu juga dapat dilengkapi dengan sistem suara Harman Kardon yang berkekuatan 900 watt dan 19 speaker.

Yang membuat orang semakin penasaran, ternyata kendaraan edisi terbatas ini hanya akan diproduksi sebanyak 702 unit.