Tips Memilih Pot untuk Tanaman Hias Gantung

Selain memilih jenis tanaman untuk tanaman gantung, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memilih jenis potnya.

JENIS pot memengaruhi bobot tanaman ini, sehingga harus dipertimbangkan. Alih-alih salah memilih pot membuat tanaman gantung menjadi lebih berat dan berakhir jatuh ke lantai.

Dilansir dari berbagai sumber, ukuran, bentuk, dan bahan pot yang dipilih tergantung pada tanaman yang akan ditampung di dalamnya.

Misalnya pot tanah liat yang besar tidak akan bisa digantung dengan baik tanpa penyangga yang memadai, sehingg Anda harus memilih gantungan yang kokoh dan kuat.

Di sisi lain, tanaman yang memiliki bobot ringan bisa ditempatkan dengan menggunakan gantungan yang terbuat dari kain atau tali tipis.

Selain pot tanah liat standar, tanaman gantung juga bisa diletakkan di dalam terarium kaca atau pot plastik.

Selain itu, lapisan pada keranjang sangat penting karena akan membantu atau menghalangi retensi air di dalam tanah.

Ukuran Pot yang Sesuai

Saat pot tanaman gantung terlalu besar, tanah akan mengering terlalu lambat, sehingga sangat rentan terhadap pembusukan akar. Jika pot tanaman gantung Anda terlalu besar, akan menyebabkan tidak mendapatkan cukup nutrisi.

Namun jika pot terlalu kecil tanah akan terlalu cepat mengering sehingga Anda harus sering menyiramnya. Selain itu, tanaman dapat menjadi terikat pada akar dan menghambat pertumbuhannya.

Untuk mendapatkan ukuran yang ideal, cobalah untuk memasukan tanaman ke dalam pot. Jika memang tanaman sudah membesar, Anda harus memindahkannya ke pot yang lebih besar yakni dengan ukuran lebih besar sekitar 2 hingga 4 inci (diameter).

Plastik atau Terakota

Pot plastik bisa menjadi pilihan karena lebih ringan, terjangkau, dan memiliki varian warna yang beragam.

Pot berbahan plastik ini juga dapat menahan air lebih banyak sehingga Anda tidak perlu berlebih dalam penyiraman.

Selain plastik, ada juga pot terakota yang bisa menjadi pilihan. Pot terakota adalah tembikar berbahan tanah liat yang dibakar sehingga memiliki warna merah kecokelatan.

Walaupun menawarkan pola yang lebih indah, pot terakota ini memiliki bobot yang lebih berat serta lebih mahal.

Menggunakan pot terakota berarti Anda harus siap menyiram tanaman gantung dengan frekuensi yang lebih banyak daripada saat menggunakan pot plastik.

Biasanya, pot terkota ini dipakai untuk tanaman yang membutuhkan banyak aerasi dan tanah kering, seperti anggrek, kaktus, dan sukulen.

Tanaman Hias