Tetap Produktif Saat Berpuasa Dan WFH

Sudah memasuki Bulan Ramadhan, bagi kamu yang muslim pasti bahagia karena memasuki bulan penuh barokah ini.

MESKI tahun ini sedikit berbeda seperti taun-tahun sebelumnya karena ada pandemi Virus Corona, kamu harus tetap menjaga produktivitasmu khususnya selama menjalani work from home (WFH). Tidak boleh menjadi sebuah alasan produktivitasmu menurun karena sedang menjalankan ibadah puasa dan WFH. Lalu bagaimana tips WFH tetap produktif saat puasa?

Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur

Memang setelah sahur dan sholat subuh godaan untuk kembali tidur sangatlah besar. Namun kamu harus melawannya karena di dalam dunia medis, tubuh yang kembali tidur setelah subuh akan membuat tubuh lemas dan tidak semangat. Alasannya adalah waktu sesudah subuh merupakan waktu dimana tubuh mulai melakukan metabolisme dan pemanasan.

Jika kamu kembali tidur maka metabolisme tersebut akan terganggu dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jika kamu terpaksa ingin tidur karena sangat mengantuk dan takut mengganggu aktivitasmu di siang hari sebaiknya kamu tidur ketika matahari sudah mulai terlihat, misalnya jam 7 pagi. Jadi tips pertama agar kamu tetap produktif saat puasa adalah dengan tidak tidur kembali setelah sahur, kamu bisa mulai mengerjakan atau mencicil pekerjaanmu sehingga kamu bisa selesai lebih cepat ketika WFH.

Tetap Mandi Pagi

Jangan mentang-mentang kamu bekerja dari rumah kamu bebas tidak membersihkan dirimu di pagi hari khususnya mandi. Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa mandi di pagi hari dapat meningkatkan semangat dan memperbaiki perasaanmu. Jadi meski tidak pergi ke kantor, kamu harus tetap mandi pagi ya agar selama WFH tetap produktif saat puasa.

Membuat Rencana Tiap Hari

Agar kamu tetap berada pada jalur yang tepat yaitu tetap produktif saat puasa, kamu harus membuat daftar harian apa yang harus kamu kerjakan hari ini. Hal ini akan membantumu agar tetap fokus ketika WFH. Ketika WFH pasti akan banyak sekali gangguan yang membuatmu tidak fokus kepada pekerjaan, untuk itu sangatlah penting kamu membuat daftar harian apa yang harus kamu kerjakan hari ini.

Tetap Memperhatikan Jam Istirahat

Terkadang ketika bekerja dari rumah atau WFH, orang-orang sering lupa waktu untuk istirahat karena merasa ada di rumah. Nah, jika kamu lupa menentukan waktu untuk istirahat, hal ini akan berdampak kepada konsentrasimu sehingga produktivitasmu juga akan terganggu. Untuk itu jangan lupa menentukan waktu untuk istirahat selama menjalankan WFH ini. Karena kamu sedang menjalankan puasa, kamu boleh untuk tidur siang selama 20-30 menit untuk membuatmu kembali segar. Dan jangan lupa untuk tetap menjalankan ibadah sholat wajib bagi kamu yang muslim.

Itulah tips agar kamu tetap produktif saat puasa. Semoga ini dapat membantumu untuk tetep bekerja dengan perasaan yang semangat di Bulan Ramadhan ini.

WFH Puasa astaga.com