Suhu Tubuh Normal Manusia

Suhu tubuh normal pada setiap orang berbeda-beda. Hasil pengukuran suhu tubuh melalui ketiak, mulut, atau rektal, dapat menunjukkan hasil yang berbeda juga.

SUHU tubuh dapat tergantung dari usia, apa yang dilakukan, di mana mengukur suhu tubuh itu sendiri, dan masih banyak kondisi lain yang mempengaruhinya. Sebagai contoh Suhu tubuh normal bayi: 36,3 – 37,7 derajat Celcius.

Suhu tubuh normal anak-anak: 36,1 – 37,7 derajat Celcius. Lalu suhu tubuh normal orang dewasa: 36,5 – 37,5 derajat Celcius. Banyak hal yang bisa mempengaruhi kenaikan dan penurunan suhu tubuh seseorang, di antaranya merokok. Suhu tubuh manusia akan meningkat saat merokok. Suhu paru-paru akan meningkat saat menghirup asap rokok.

Ini membuat paruparu tidak dapat mendinginkan panas dari tubuh sehingga suhu tubuh meningkat. Suhu tubuh seseorang akan kembali normal saat berhenti merokok.

Dari beberapa penelitian, ternyata berbohong menjadi salah satu penyebab meningkatnya suhu tubuh. Suhu di area hidung dan sekitar mata akan meningkat.

Kegelisahan saat berbohong itulah yang menimbulkan rasa panas di area hidung dan sekitar mata. Hal lain yang juga mempengaruhi suhu tubuh adalah kegiatan yang dilakukan seperti olahraga, memasak, duduk terlampau lama, juga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk perempuan, menstruasi juga mempengaruhi suhu tubuh manusia.

Cara Menjaga Agar Suhu Tubuh Normal 

Saat ini dalam kondisi berkembangnya pandemi Covid-19, seseorang harus benar-benar menjaga suhu tubuhnya agar normal. Karena bila suhu tubuh mengalami lonjakan tinggi, maka kecurigaan akan serangan virus juga besar.

Cara menjaga agar suhu tubuh normal ini juga bisa tergantung cuaca. Pada saat musim panas, seseorang harus banyak minum air putih, menggunakan baju yang tipis, mandi, atau berenang.

Kalau musim dingin atau musim hujan, gunakan pakaian hangat agar tidak kedinginan sampai menggigil, minum air hangat, dan makan yang banyak saat musim dingin, ini dapat menjaga suhu tubuh menjadi normal.  Bila terserang demam biasanya suhu tubuh manusia akan meningkat. Tetapi dengan istirahat yang cukup, suhu tubuh kita dapat kembali normal.

Tapi kalau peningkatan dan penurunan suhu tubuh berlangsung lama, lalu menimbulkan gejala penyakit lainnya, seperti flu dan batuk sebaiknya segera pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Covid19 Kesehatan Astaga.com