Ranca Upas dengan Penangkaran Rusanya

Masih berwisata alam di Bandung. Kali ini salah satu tempat yang juga banyak dibicarakan karena lokasi yang luas serta ada penangkaran rusa.

Ciwidey Bandung Selatan memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat yang dituju.

Destinasi yang dikelola oleh Perum Perhutani ini dulu  bernama Bumi Perkemahan Ranca Upas, lokasi untuk berkemah tempat penangkaran rusa. Belakangan ditambah dengan nama Kampung Cai. Ini berkaitan dengantelah dibangunnya  kolam renang air panas,  yang bersumber dari gunung Patuha.

Saat penerapan era new normal, Ranca Upas termasuk daerah wisata yang kembali dibuka untuk umum, dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan paling terkenal di Bandung. Obyek wisata ini berada satu rangkaian dengan obyek wisata lain seperti  Patuha Resort, Kawah Putih dan Cimanggu. Digunakan sebagai bumi perkemahan karena tempat ini memiliki hamparan rumput yang datar dan luas. Puluhan tenda bisa berdiri di sana.  Suasana hutannya yang masih asri, sehingga selalu menghadirkan pemandangan yang indah,  serta udara yang segar.

Ranca Upas merupakan Hutan Lindung yang ditumbuhi berbagai tanaman  pengunungan seperti Kitambang, Kihujan, Pasang,Kurai, Huru, Hamirug, Jamuju dan Puspa. Ranca Upas  berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, ini membuat udaranya cukup dingin. Di malam hari sering dihiasi dengan angin yang bertiup kencang. Maka suhu udara akan semakin anjlok. Suasana inilah yang banyak dicari oleh para pecinta alam.

Penangkaran Rusa

Salah satu obyek wisata Kampung Cai Rancai Upas yang banyak dituju pengunjung adalah penangkaran rusa. Di sini rusa-rusa dibiarkan hidup bebas di alam liar.

Ratusan rusa tersebut dibatasi oleh kandang yang besar. Jenisnya adalah rusa Jawa atau Cervus timorensis,  yang statusnya dilindungi oleh negara. Rusa ini memiliki warna bulu kaki yang lebih terang,  dari pada  bulu tubuhnya. Bulu badannya berwarna merah,  sedikit kecoklatan

Di penangkaran rusa ini, para pengunjung bisa mengamati dari dekat perilaku rusa-rusa tersebut dan sekaligus bisa  memberinya makan. Wortel dan sayuran untuk makanan rusa, sudah disediakan oleh petugas. Jadi pengunjung tidak perlu repot-repot membawa dari rumah. Untuk mengamati  rusa, pengunjung cukup naik ke tempat yang sudah disediakan. Tidak lama kemudian,  rusa-rusa tersebut akan menghampiri,  untuk meminta makanan.

Pada saat pertama kali dibangun penangkaran rusa ini, hanya seorang juru kunci yang bisa memanggil,  dan memberi makan langsung rusa-rusa tersebut. Tapi sekarang rusa-rusa tersebut sudah jinak, sehingga setiap orang bisa berinteraksi.

Kolam Air Panas

Di Ranca Upas ada juga Kolam Air Panas.  Pengunjung bisa berendam dengan di kolam  air panas, sementara udara di sekelilingnya terasa dingin.Ini bisa dijadikan terapi untuk menghilangkan pegal-pegal di tubuh. Tidak jauh dari kolam air panas, terdapat waterboom yang menjadi kesukaan  anak-anak. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, pengunjung harus membayar lagi, tapi harganya tidak mahal.

Camping Ground

Ranca Upas dikenal sebagai camping ground. Lahan camping di sini sangat luas. Dapat menampung sekitar 10 ribu  orang. Pengunjung bebas ingin berkemah di mana saja. Pemandangan disekelilingnya  sangat indah. Sosok  gunung bak dinding alam, hijaunya pepohonan dan beningnya air danau, merupakan paduan alam luar biasa.

Diantara rimbunnya pepohonan hutan lindung, di pagi hari ramai terlihat  burung-burung yang berkicau. Suhu udaranya  cukup dingin, suhu bisa anjlok sampai nol   derajat Celsius di malam hari,  dan 17-20 derajat Celcius  di siang hari.

Kalau tidak membawa perlengkapan untuk berkemah, di sini ada tempat penyewaan alat-alat perkemahan, tersedia tenda, sleeping bag, kompor dan  kayu bakar.   Ranca Upas dengan segala keindahannya, menjadikan tempat ini banyak dipakai sebagai lokasi pemotretan prewedding atau model fashion.  

Lokasi Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas tepatnya di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung. Dari kota Bandung tempat  ini berjarak sekitar 50 kilometer.  Dengan dibukanya Jalan Tol Soroja, jarak tersebut bisa ditempuh sekitar 1,5 atau 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai Ranca Upas tidak terlalu sulit,  karena memiliki akses langsung dari pinggir jalan raya Ciwidey – Patenggang.  Terdapat gerbang besar,  yang letaknya tidak jauh dari wisata Kawah Putih. Bila dari arah Ciwidey, gerbang tersebut berada di sebelah kanan.

Dari jalan  tol, setelah keluar dari gerbang tol Soreang, belok kanan menuju Ciwidey. Setelah sampai di pasar Ciwidey, lanjutkan perjalanan ke atas lagi yaitu ke arah Rancabali atau Situ Patenggang. Di perjalanan akan terlihat gerbang lokasi-lokasi wisata yang disebut sebelumnya, yaitu dimulai oleh Patuha Resort di sebelah kanan,  lalu Kawah Putih di sebelah kiri. Tidak jauh dari sana akan terlihat gerbang menuju Kampung Cai Ranca Upas di kanan.

Ciwidey Bandung Selatan Ranca Upas