Manfaat Teh Jahe Dalam Kesehatan

Jahe telah digunakan selama ribuan tahun untuk membumbui makanan dan mengobati penyakit.

JAHE adalah tanaman asli dari Asia dan merupakan tanaman berbunga dari keluarga Zingiberaceae. Akar dan batangnya dapat menambah rasa pada berbagai jenis masakan, tetapi juga merupakan ramuan kuno untuk berbagai penyakit. Minum teh jahe dapat membantu mengatasi segala hal mulai dari mabuk perjalanan hingga pencegahan kanker.

Minum teh jahe juga dapat membantu meredakan rasa mual dan nyeri. Berikut adalah beberapa manfaat teh jahe.

Mabuk

Pengobatan tradisional meyakini bahwa teh jahe dapat membantu meredakan gejala mabuk perjalanan seperti mabuk perjalanan, pusing, muntah, dan keringat dingin. Sebagian besar penelitian belum menunjukkan efek apa pun.

Jahe membantu mengurangi mabuk perjalanan. Jika merasa mual saat beraktivitas di dalam kendaraan, mencoba jahe mungkin tidak ada salahnya.

'Morning sickness' atau mual akibat kemoterapi

Beberapa ahli percaya bahwa bahan aktif dalam minyak esensial jahe dan senyawa fenolik yang disebut gingerol dapat membantu meredakan mual akibat kehamilan, kemoterapi atau operasi.

Peneliti menyarankan bahwa untuk pasien yang sedang hamil atau menjalani kemoterapi dan tidak dapat menggunakan atau mentolerir obat standar, jahe dapat menjadi alternatif yang bermanfaat untuk obat anti mual tradisional.

Tekanan darah dan kesehatan jantung

Mengkonsumsi jahe dapat mencegah penyakit jantung. Ramuan yang tajam dapat membantu mengurangi penyakit darah rendah, mencegah serangan jantung, mencegah penggumpalan darah, meredakan sakit maag, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Kontrol berat badan dan gula darah

Sebuah studi yang dilakukan oleh Columbia University pada tahun 2012 yang melibatkan 10 pria kelebihan berat badan menemukan bahwa meminum teh jahe panas (dalam hal ini bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas) dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Jahe mungkin efektif dalam mengendalikan obesitas. Namun, sebagian besar eksperimen dilakukan pada tikus, yang menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mencegah obesitas dan komplikasi terkait obesitas.

Jahe dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi A1C, insulin, dan trigliserida di antara penderita diabetes tipe 2.

Pereda sakit

Jahe telah digunakan untuk mengobati peradangan selama ratusan tahun, dan sekarang praktik ini memiliki dasar ilmiah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ini sangat membantu dalam meredakan nyeri osteoartritis lutut.

Teh jahe juga dapat membantu meredakan sakit kepala, kram menstruasi, nyeri otot, dan jenis nyeri lainnya.

Pencegahan kanker

Diyakini bahwa antioksidan dalam jahe dapat membantu memperkuat kekebalan dan mengurangi stres. Menghirup uap dari teh jahe juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan masalah pernapasan lainnya akibat flu biasa atau alergi lingkungan.

Jahe dapat membantu mencegah kanker. Dalam studi laboratorium, jahe telah terbukti melawan berbagai jenis sel kanker, termasuk kanker pankreas dan kanker usus besar.

Efek samping

Minum teh jahe dapat memiliki efek samping, tetapi tidak akan mengalami masalah kecuali mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

Orang paling sering melaporkan gas, kembung, mulas, dan mual sebagai efek samping terkait jahe. Karena jahe dapat menurunkan tekanan darah dan mungkin memiliki efek pengencer darah, orang-orang yang menggunakan obat pengencer darah atau tekanan darah, harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengonsumsi jahe ekstra.

Orang paling sering melaporkan bahwa efek samping yang terkait dengan jahe adalah gas, kembung, mulas, dan mual. Karena jahe dapat menurunkan tekanan darah dan mungkin memiliki efek pengencer darah, orang yang menggunakan obat pengencer darah atau obat tekanan darah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe tambahan.

Meskipun tidak boleh berlebihan, teh jahe adalah cara yang mudah, lezat, dan alami untuk meningkatkan kesehatan. Selain banyak manfaat kesehatannya, juga bisa duduk santai dengan gelas hangat, menarik napas, menyesap perlahan, dan menikmati.