Manfaat Bunga Telang untuk Banyak Penyakit

Bunga telang selain dianggap sebagai tanaman hias, juga dikenal secara tradisional sebagai obat untuk mata dan pewarna makanan yang memberikan warna biru. Dalam sistem pengobatan kuno India (Ayurveda), telang tergolong herbal yang penting.

BUNGA yang memilki nama medis Clitoria Ternatea ini, berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Namun, manfaatnya sampai digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India. Ini menjadi salah satu bukti, bahwa manfaat bunga telang, tidak hanya untuk mempercantik taman belakang, tapi juga untuk kesehatan.

Memiliki Sifat Antioksidan

Manfaat bunga telang yang pertama adalah memiliki sifat antioksidan. Antioksidan adalah zat penting, yang bisa memproteksi sel sehat, di dalam tubuh. Selama ini, para peneliti berusaha untuk mencari zat antioksidan, dalam bentuk bunga atau tumbuhan, seperti dari bunga telang. Aktivitas antioksidan dalam mengelola stres oksidatif pada sistem biologis berlangsung melalui berbagai mekanisme seperti penangkapan radikal bebas, penghambatan enzim oksidatif, sebagai pengkelat ion logam, dan sebagai kofaktor enzim antioksidan.

Studi terhadap aktivitas antioksidasi 15 jenis bunga menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang merupakan salah satu dari bunga yang memiliki aktivitas antioksidasi paling tinggi. Berdasarkan metode ORAC, aktivitas antioksidan bunga telang lebih baik dibandingkan dengan buah Ardisia colorata dan buah jamblang.

Potensi ekstrak bunga telang kemudian dipelajari lebih lanjut untuk melihat efektifitasnya di dalam melindungi sel dari kerusakan akibat oksidasi. Ekstrak bunga telang juga efektif melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif yang diinduksi oleh hidrogen peroksida dan sinar ultraviolet, yang membuatnya potensial sebagai kosmetika untuk memperlambat kulit keriput.

Bantu Cegah Diabetes

Manfaat bunga telang untuk kesehatan juga bisa mengatasi Diabetes Mellitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai oleh terjadinya hiperglikemia (gula darah tinggi), dislipidemia (gangguan metabolism lipoprotein), dan metabolism protein abnormal akibat terganggunya sekresi atau kerja insulin.

Prosedur yang paling umum untuk menguji potensi antidiabetes suatu bahan adalah dengan mengukur efek hipoglikemia atau antihiperglikimia (menurunkan gula darah) bahan tersebut pada hewan percobaan, biasanya adalah tikus yang dibuat mengalami diabetes dengan cara diinduksi alloxan.

Efek hipoglikemia ekstrak bunga telang sudah dibuktikan melalui beberapa percobaan penelitian. Pemberian ekstrak air bunga telang secara oral (400 mg/kg berat badan) kepada tikus percobaan menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin, serta meningkatkan insulin serum, glikogen otot hati dan tulang.

Aktivitas antidiabetes suatu komponen aktif dapat pula melalui penghambatan pembentukan produk akhir glikasi lanjut (advanced glycation end products - AGEs). Ekstrak bunga telang pada konsentrasi 0,25-1,00 mg/ml dilaporkan secara signifikan menghambat pembentukan AGE, serta mengurangi kadar fruktosamin dan oksidasi protein.

Bantu Cegah Obesitas

Manfaat bunga telang yang ketiga adalah untuk membantu mencegah obesitas. Obesitas terkait dengan pembentukan jaringan lemak. Oleh karena itu potensi suatu bahan aktif sebagai anti obesitas seringkali dipelajari melalui kemampuannya menghambat adipogenesis (pembentukan jaringan lemak).

Obesitas dipengeruhi oleh indeks massa tubuh yang berlebihan. Untuk bisa mengontrolnya dan terhindar dari obesitas, manfaat bunga telang bisa dipakai sebagai antiobesitas. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuannya menghambat adipogenesis.

Dalam rangkaian kajian terhadap aktivitas ekstrak bunga telang melawan diabetes pada tikus percobaan, peran bunga telang untuk menurunkan trigliserida dan total kolesterol darah dan meningkatkan kadar kolesterol-HDL telah pula dibuktikan.

Memiliki Sifat Anti Kanker

Manfaat bunga telang memiliki sifat anti kanker. Sekurang-kurangnya terdapat empat mekanisme dari suatu komponen zat aktif untuk melawan kanker aktivitas antiproliferasi (mencegah atau memperlambat penyebaran sel kanker, penghambatan angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru), induksi apoptosis (sel kanker melakukan bunuh diri), pencegahan metastasis.

Aktivitas anti-proliferasi ekstrak bunga telang terhadap enam jenis lini sel kanker telah diamati oleh Neda et al. (2013) dalam International Food Research Journal. Dalam penelitian ini, bahwa ekstrak air bunga telang potensial menghambat lini sel kanker payudara MCF-7 dan tidak terlalu efektif menghambat lini sel kanker payudara MDA-MB231, lini sel kanker ovarium, lini sel kanker serviks, lini sel kanker hati dan lini sel kanker kelamin pria.

Angiogenesis adalah pembentukan pembuluh darah baru yang dilakukan oleh sel kanker untuk memperlancar pasokan makanan bagi pertumbuhan sel kanker. Angiogenesis juga memainkan peran penting dalam transisi tumor dari keadaan tak aktif ke stadium ganas. Ekstrak metanol bunga telang dilaporkan memiliki aktivitas menekan angiogenesis.

Miliki Sifat Anti Inflamasi dan Analgesik

Bunga telang memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik. Tak heran jika manfaat bunga telang  adalah memiliki upaya perlindungan tubuh yang bertujuan untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, atau patogen dan memulai proses penyembuhan.

Anti inflamasi merupakan komponen yang dapat untuk mengurangi peradangan. Bahan antiinflamasi pun berperan sebagai analgesik yang dapat memengaruhi sistem saraf untuk menghambat sinyal nyeri ke otak.

Efek anti inflamasi memiliki kemampuan analgesik yang memengaruhi sistem saraf untuk menghambat sinyal nyeri ke otak. Efek antiinflamasi dan analgesik ekstrak petroleum eter bunga telang (masing-masing dengan kadar 200 mg/kg berat badan dan 400 mg/kg berat badan) pada tikus percobaan dilaporkan oleh Shyam kumar & Ishwar (2012) dalam International Research Journal of Pharmacy.

Aktivitas inflamasi dari ekstrak etanol bunga telang menunjukkan bahwa kinerja ekstrak bunga telang setara dengan kinerja aspirin. Efek antiinflamasi ekstrak bunga telang pada peradangan yang diinduksi oleh lipopolisakarida menunjukkan potensi bunga telang sebagai bahan nutrasetikal untuk perlindungan terhadap penyakit peradangan kronis dengan menekan produksi mediator pro-inflamasi yang berlebihan dari sel makrofag.

Bantu Sembuhkan Asma

Salah satu manfaat bunga telang yang dipercaya di dalam pengobatan untuk menyembuhkan asma dan meredakan batuk. Asma merupakan gangguan inflamasi kronik pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami batuk dan sesak napas. Serangkaian studi telah dilakukan untuk mengonfirmasi kinerja bunga telang sebagai antiasma dan pereda batuk.

Rangkaian studi itu meliputi aplikasi ekstrak bunga telang dosis tinggi (100, 200, dan 400 mg/kg berat badan hewan percobaan) sebagai antiasma akut dan kronis, meredakan batuk yang diinduksi sulfur dioksida dan asam sitrat, serta aktivitas anti-inflamasi pada tikus yang diinduksi karagenan dan asam asetat.

Antimikroorganisme

Bunga telang memiliki aktivitas antimikroorganisme yang luas meliputi bakteri gram positif, bakteri gram negatif maupun fungi. Sifat yang dimiliki ekstrak bunga telang dapat digarisbawahi adalah ekstrak bunga telang menghambat pertumbuhan tiga bakteri patogen yang paling banyak ditemukan pada permukaan tanah, yaitu Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus and Escherichia coli. Manfaat bunga telang bisa jauhkan dari berbagai macam penyakit berbahaya

Bantu Cegah Kerusakan Hati

Manfaat bunga telang untuk kesehatan ini bisa membantu mengatasi. Aktivitas bunga telang untuk mencegah kerusakan hati (efek hepatoprotektif) dilaporkan oleh Nithianantham, et al. (2013) dalam Asian Pacific Journal of Tropical Disease. Pada penelitian mereka ekstrak bunga telang diberikan kepada tikus percobaan yang mengalami kerusakan hati. Hasil percobaan menunjukkan bahwa tikus yang diberi ekstrak bunga telang (200 mg/kg) mengalami penurunan kadar keempat senyawa indikator kerusakan hati.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi memang sumber penyakit berbahaya. Untuk bisa menghindarinya, mengontrol tekanan darah bisa dijadikan solusinya. Untungnya kontrol ini bisa didapat dari manfaat bunga telang untuk kesehatan.

Selain itu, masalah stres bisa diatasi dengan kandungan adaptogenik bunga telang. Stres ini yang dapat terkontrol ini sangat efektif menjaga tekanan darah tinggi. Bahkan terdapat antsiolitik yang ampuh atasi masalah depresi.

Bunga Telang Clitoria Ternatea Kesehatan