Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Merestorasi Motor Lawas

Tren merestorasi motor lawas kembali menjangkiti para penggemar roda dua. Sebelum menggeluti hobi ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Sebut saja, Tri Wahyudi, pemilik bengkel restorasi Rumah Pitung di Tangerang, Banten, mengatakan, sebelum memulainya para penggemar harus menentukan aliran restorasi yang diinginkan.

Apakah ingin mengembalikan keaslian motor secara keseluruhan, atau sekadar membuat motor lebih segar dan nyaman dibawa berkendara.

 “Hal ini diperlukan untuk menentukan pembelian spare part juga, karena motor lawas komponen imitasinya banyak. Jadi sebetulnya restorasi motor bisa menyesuaikan budget,” ucap Tri.

Selanjutnya, saat mencari unit yang diincar pastikan motor memiliki kelengkapan bodi yang baik. Pasalnya mencari komponen bodi lebih susah ketimbang spare part mesin.

“Bikin rapi mesin gampang banget, tapi nyari komponen bodi itu setengah mati. Untuk komponen tertentu bisa sampai blusukan ke daerah-daerah,” ujar Tri.

Menurutnya, jangan lupa untuk cek kelengkapan serta keaslian surat-surat dan sesuaikan dengan nomor rangka ataupun mesin.

“Umumnya surat-surat motor lawas mati, tapi pastikan motor punya STNK dan BPKB asli untuk menghidupkan kembali legalitasnya,”