Dukung Inovasi Ramah Lingkungan

Inisiasi produk ramah lingkungan jangan sekedar di mulut.

Inisiasi produk ramah lingkungan jangan sekedar di mulut. Indonesia adalah salah satu negara penyumbang sampah terbesar di dunia. Konsumsi plastik merata mulai dari kelas bawah, menengah sampai atas.

Solusinya, sebuah perusahaan start up asal Bali menggagas kantong plastik berbahan singkong.

Kevin Kumala dari Avani menjelaskan karakteristik kantong tersebut, dibuat dari singkong, meski saat dipegang mirip dengan karakteristik plastik, kantong tersebut bukan plastik. Kantong itu sangat ramah lingkungan karena mudah terurai.

Bukan cuma itu, -hanya untuk membuktikan- Kevin menyobek sebagian kantong tersebut dan memasukannya dalam satu gelas air hangat. Air tersebut kemudian diaduk yang kemudian diikuti olehg larutnya sobekan kantong tersebut. Untuk membuktikan keamanan kantong tersebut Kevin meminum air tersebut.

Produk Avani bukan cuma kantong plastik yang mudah terurai, namun juga beberapa barang keseharian kita. Misalnya, jas hujan, sedotan, cangkir kopi, tempat makan, dan alat makan dari kayu.

Jika saya perusahaan retail makanan mau melirik alternatif ini untuk kemasan mereka, bayangkan berapa banyak sampah yang bisa dikurangi. Beli disini !

Singkong menjadi bahan untuk kantong bukan hal baru. Di Uganda, inisiasi ini juga sudah mulai dilakukan.

Sementara itu di Tangerang, sudah ada pabrikan yang juga mengelola singkong sebagai campuran untuk kantong kemasan mereka.

avani tas ramah lingkungan cassava bag green lifestyle