Blechmann R18, Motor Kustom Pilihan

Sepeda motor kustom adalah hasil produksi dari kolaborasi antara industri kreatif dan otomotif. Sekarang sepeda motor hasil penggabungan ini banyak diminati pencinta motor.

UNTUK merangkai menjadi tampilan kustom, pemilik sebuah sepeda motor tak perlu memiliki motor baru. Motor yang ada nantinya akan dirombak total. Asalkan mesin masih sehat dan yang penting kerangkanya masih utuh.

Selain kustom ada juga motor yang dimodifikasi. Agar tidak timbul kerancuan antara kustom dan modofikasi, maka perlu dimengerti tentang arti dari penyebutan itu. Banyak orang yang beranggapan bahwa motor kustom adalah motor modifikasi. Padahal keduanya boleh dibilang tak sama.

Letak perbedaan paling kentara adalah pada komponen yang dirombak. Pada modifikasi hanya melakukan pergantian pada tampilan luar, seperti spion, pelek, atau jok, sementara kustom melakukan perombakan secara total. Kustom bisa dibilang sudah meninggalkan komponen bawaan. Semua dirombak. Kalau modifikasi hanya sebatas penggantian aksesoris.

Tingkat kerumitan kustom jauh lebih tinggi dari modifikasi. Sebab, semuanya dirancang sejak awal, dan menyangkut seluruh komponen. Seperti mesin, atau bagian lain sampai yang sekecil-kecilnya

Bicara tentang motor kustom, melansir laman Trendhunter.com, ditampilkan motor kustom Blechmann R18 yang sudah ditunggu penggemar motor kustom. Sepeda motor Blechmann R18 custom built diciptakan oleh Bernhard "Blechmann" Naumann, sebagai solusi transportasi neo-retro yang mengacu pada masa lalu, untuk membantu memberi gambaran tentang masa depan. Motor kustom ini dibuat dengan rangka asli dari sepeda motor BMW R18, dan telah dialihkan untuk memberikan estetika yang sempit dan sporty, yang membuatnya semakin mewah untuk dikagumi. Lampu depan pada sepeda motor ini terinspirasi oleh kisi-kisi berbentuk ginjal, yang ikonik pada BMW klasik, sedangkan bagian motor lainnya telah dipasangkan dengan cat hitam, dan diakhiri dengan garis-garis pin BMW Motorrad.

Sepeda motor Blechmann R18 custom-built memiliki desain futuristik, yang tidak segan-segan menjadi pilihan yang lebih substansial, daripada desain lain untuk membuat lebih banyak decak kagum saat meluncur di jalanan kota.

Blechmann telah melakukannya perombakan motor lagi. Dulu ditangai R nineT dan sekarang telah ditangai motor penjelajah BMW, yang baru-baru ini diluncurkan, R 18. Desainer Bernhard "Blechmann" Naumann dari Austria ini, tidak meninggalkan kepentingan bisnis dalam menciptakan desain neo-retro tersebut, yang pasti akan membuat banyak orang tertarik. Butuh hampir 450 jam untuk membuatnya, Blechmann tidak memulai penyesuaiannya dengan sketsa atau gambar saja. Saat memulai dengan kreasi baru, Bernhard Naumann tidak pernah menggunakan sketsa sebelumnya. Dia mengumpulkan inspirasinya saat mengerjakan motor itu sendiri. "Saya menggambar desain saya langsung pada objek, dengan menggunakan bahan akhir. Hal ini memungkinkan saya untuk secara langsung menanggapi persyaratan dan mengawasi proporsinya setiap saat", jelas Bernhard.

Dia menyebutnya "prototipe cepat - gaya Blechmann". Disebut "Blechmann R18", pekerjaan kustom ini menjaga rangka asli dan titik pemasangan BMW R18 apa adanya, sambil menambahkan fairing penuh yang indah, yang menekankan desain warisan, yang menggunakan model dasar. Rendering terakhir adalah hasil karya yang lebih sempit, lebih sporty, dan lebih boros

Single seater yang sporty ini didasarkan pada struktur pendukung asli spatbor belakang, jok, dan pembonceng. Lampu belakang dari Kellermann. Tangki bahan bakar telah dimodifikasi secara ekstensif, lebih sempit sehingga lebih sporty, dan membuat mesin lebih terlihat. Di sisi lain, ada fitur pemotongan lutut, yang semakin mendukung garis atletik. Tabung kemudi asli digunakan sebagai dasar setang. Selanjutnya, Blechmann menyesuaikan lampu depan. Seperti pada motor modifikasi BMW terakhirnya "Giggerl", konversi dari BMW R nineT, lampu depannya kali ini memiliki desain berbentuk ginjal yang halus. Analog dengan mesin boxer klasik, Blechmann menempatkan lampu filamen secara mencolok di tengah.

Di sini, sudut kemudi dan lampu depan yang dimiringkan ke depan menentukan tata letak dasar motor kustom. Bernhard Neumann menyempurnakan upaya personalisasi dengan cat hitam tersembunyi dan garis-garis putih.

Sama seperti kustomisasi BMW R nineT sebelumnya, yang disebut Giggerl, Blechmann R18 juga merupakan sesuatu yang populer dan memiliki daya tarik besar. Namun tidak seperti pendahulunya yang norak, Blechmann R18 lebih merupakan monster pendiam yang cenderung kalem.

Dengan BMW R 18 baru, BMW Motorrad mempersembahkan motor produksi seri pertama merek untuk segmen cruiser pada April 2020. Tidak seperti sepeda motor BMW lain sebelumnya, model ini berdiri sepenuhnya dalam tradisi sepeda motor BMW masa lalu, baik secara teknis, maupun yang berkaitan dengan desainnya. Ini didasarkan pada model-model terkenal seperti BMW R 5. Ini alasan yang cukup bagi Bernhard Naumann untuk sesedikit mungkin mengubah rangka dan teknologi dan hanya menggunakan titik pemasangan asli untuk pembuatan Blechmann R 18.