7 Tempat di Jakarta yang Cocok untuk Bersepeda di Akhir Pekan

Akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, atau orang-orang terdekat. Pergi ke mal, nonton film, hingga beristirahat di rumah menjadi sederet kegiatan yang biasanya dilakukan orang-orang di akhir pekan.

Fun

NAMUN, bagi kamu yang ingin melakukan hal berbeda, bisa melewati akhir pekan dengan berolahraga sepeda. Saat ini, di Jakarta sudah banyak tempat yang mendukung kegiatan bersepedamu.

Lalu, tempat mana saja yang asyik untuk bersepeda? Berikut tujuh tempat di Jakarta yang cocok untuk kegiatan bersepeda:

1. Bundaran HI (Hotel Indonesia)

1. Bundaran HI (Hotel Indonesia)

Tak hanya menjadi spot Car Free Day (CFD) di Jakarta, Bundaran HI merupakan salah satu tempat yang cocok bagi kamu yang ingin bersepeda. Selain tidak terganggu dengan kendaraan bermotor lainnya, di sana juga terdapat jalur khusus sepeda yang dapat kamu gunakan. 

Tak hanya di hari Minggu saja, biasanya banyak warga Jakarta yang bersepeda Jumat malam atau Sabtu malam. Kamu juga dapat bertemu dengan banyak komunitas sepeda yang ada di sana.

2. Kota Tua

2. Kota Tua

Tempat selanjutnya yang tepat bagi kamu yang ingin bersepeda adalah di Kota Tua. Selain dapat melihat bangunan-bangunan bersejarah atau museum-museum yang ada di sana, Kota Tua juga merupakan tempat yang tepat untuk bersepeda, sekaligus menghabiskan waktu berakhir pekan.

Kamu dapat berkeliling di pelataran yang ada di kota tua, serta bersepeda mengelilingi Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari, dan Menara Syahbandar.

3. Ecopark, Ancol

3. Ecopark, Ancol

Di tempat ini, kamu juga dapat membawa sepeda sendiri atau menyewanya di Ecopark. Jika ingin menyewa sepeda tersebut, kamu bisa menyewanya di halte sepeda Pantai Karnaval. Terdapat beberapa jalur sepeda yang ada di Taman Impian Jaya Ancol, misalnya dari Pantai Karnaval menuju Dermaga Marina dengan jarak mencapai 9,8 kilometer.

4. Taman Marga Satwa Ragunan

4. Taman Marga Satwa Ragunan

Udara yang segar dan kawasan hutan yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri di Kebun Binatang Ragunan. Apalagi, kamu bisa bersepeda sambil ditemani beraneka ragam Flora dan Fauna yang ada di sana. 

Jika kamu tidak membawa sepeda, di Ragunan juga tersedia penyewaan sepeda yang dapat kamu sewa per jamnya. Lahan seluas 147 hektare tentunya tidak akan membuatmu bosan saat bersepeda di sana.

5. Gelora Bung Karno (GBK)

5. Gelora Bung Karno (GBK)

Pusat tempat olahraga Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan memang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi di hari Minggu. Tempat ini merupakan salah satu spot favorit warga Jakarta untuk berolahraga, salah satunya bersepeda.

Tak hanya lari pagi, kamu bisa bersepada keliling kompleks GBK. Track yang lumayan panjang ditambah udaranya yang segar dan tidak terlalu banyak kendaraan bermotor membuat kompleks GBK sangat cocok buatmu untuk bersepeda.

6. Monumen Nasional (Monas)

6. Monumen Nasional (Monas)

Ikon Jakarta yang satu ini juga menjadi salah satu tempat yang cocok bagi kamu yang gemar bersepeda. Banyak hal yang dapat kamu lakukan di sana, seperti berswafoto, bermain layang-layang, atau mengunjungi museum yang ada di dalam tugu monas.

Kawasan monas yang cukup luas dan treknya yang cukup panjang membuat Monas sangat tepat buatmu untuk bersepeda. Tak ketinggalan tentunya kamu dapat bersepeda dengan tenang dan nyaman tanpa terganggu dengan kendaraan lainnya. Selain itu, di Monas juga terdapat layanan sepeda gratis yang dapat kamu manfaatkan.

7. Taman Mini Indonesia Indah

7. Taman Mini Indonesia Indah

Tempat selanjutnya yang dapat kamu jadikan spot untuk bersepeda adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Selain bersepeda, kamu juga bisa berekreasi bersama keluarga atau pun bersantai. 

Treknya yang cukup panjang membuat tempat ini sangat cocok bagi kamu yang gemar bersepeda. Selain itu, terdapat tempat penyewaan sepeda di sini, yang menawarkan berbagai tipe, mulai dari sepeda biasa, sepeda untuk dua orang atau empat orang penumpang. Akan tetapi, jika ingin hemat kamu bisa membawa sepeda sendiri.