5 Fakta Didi Kempot yang Jarang Diketahui: Mengawali Karier dari Ngamen hingga Sejarah Nama Kempot

Kabar duka datang dari dunia musik tanah air. Penyanyi legenda campursari Didi Kempot meninggal dunia.

PENYANYI yang mendapat julukan Godfather of Broken Heart tersebut meninggal dunia pada Selasa (5/5/2020). Didi Kempot meninggal dunia pada 07.30 WIB.

Kakak kandung Didi Kempot, Lilik mengonfirmasi hal tersebut. Lilik menyebut, Didi Kempot tak menderita penyakit apa pun. Pria bernama asli Didi Prasetyo ini meninggal secara mendadak.

Nah, untuk mengenal lebih dekat soal sosok The Godfather of Broken Heart ini. Yuk simak ulasan 5 fakta soal sosok Didi Kempot!

1. Mengawali Karier Sebagai Pengamen

Didi Kempot bukanlah penyanyi yang langsung muncul sebagai artis rekaman terkenal. Dirinya mengawali perjuangan sebagai musisi jalanan atau pengamen. Sekitar tahun 1984, Didi mulai menekuni profesi tersebut di Solo.

Dua tahun berselang, Didi dan teman-temannya mencoba peruntungan dengan pergi ke Jakarta.

Pada zaman tersebut, para musisi jalanan berlomba-lomba untuk masuk dapur rekaman dengan cara merekam lagu sendiri lalu menawarkan langsung ke produser.

Jika memang berbakat, para produser biasanya tak ragu untuk mengajak musisi jalanan rekaman dan berkarier di industri musik.

Beruntung, salah satu produser tertarik dengan suara Didi Kempot dan mengajaknya masuk ke dapur rekaman.

2. Tak Tamat SMA

Didi juga diketahui tidak menamatkan bangku sekolahnya. Saat masih duduk di tingkat SMA, DIDi memutuskan untuk tak melanjutkannya.

Usut punya usut, dia terpengaruh dengan perkataan sang ayah yang menyebutkan bahwa menjadi seniman itu tidak perlu sekolah tinggi karena yang terpenting adalah praktek.

3. Duta Kereta Api

Single Stasiun Balapan merupakan salah satu lagu paling populer milik Didi Kempot. Nama Didi Kempot pun semakin dikenal masyarakat berkat lagu tersebut. Stasiun Balapan merupakan album perdana Didi Kempot.

Ia merekam lagu tersebut pada 1998, kemudian albumnya berhasil diluncurkan satu tahun setelahnya. Bahkan, berkat lagi tersebut dirinya dinobatkan sebagai Duta Kereta Api.

4. Cerita di Balik Lagu Stasiun Balapan

Tembang Stasiun Balapan menceritakan sebuah stasiun di Solo. Lagu tersebut Didi ciptakan saat dia masih mengamen di sana. Didi terinspirasi dari para penumpang di stasiun tersebut.

Dirinya pun berhasil membuat lirik dengan beberapa sindiran pada para penumpang kereta di Stasiun Balapan.

5. Sejarah Nama Kempot

Terlahir dengan nama Didi Prasetyo, banyak orang awam yang bertanya-tanya tentang nama Kempot di belakangnya. 

Setelah ditelusuri, Kempot adalah singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar. Didi Kempot mengaku bahwa dirinya merupakan pengamen yang eksis di jalanan Yogyakarta pada tahun 1984 – 1989. [Tribunstyle/ Irsan Yamananda]

Godfather of Broken Heart RIPDidiKempot Astaga.com