Ragam Makanan yang Berkhasiat Turunkan Kolesterol

Setelah dua hari menyantap hidangan penuh daging dan lemak, kini saatnya bagi Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.

DIET sehat diperlukan untuk menormalkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Makanan yang mengandung serat larut serta lemak tak jenuh ganda dipercaya dapat langsung menurunkan kolesterol jahat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi usai menikmati menu Idul Adha kemarin.

Oat

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda adalah makan semangkuk sereal gandum atau sereal berbasis gandum seperti Cheerios untuk sarapan. Ini memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut.

Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

Terong dan okra

Kedua sayuran rendah kalori ini adalah sumber serat larut yang baik.

Kacang

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat menurunkan LDL sekitar 5 persen. Kacang juga memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega saat memasak dapat membantu menurunkan LDL.

Buah

Apel, anggur, stroberi dan jeruk jeruk kaya akan pektin, sejenis serat larut yang dapat menurunkan LDL.

Kedelai

Makan kedelai atau makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan susu kedelai disebut ampuh dalam menurunkan kolesterol. Menurut penelitian, mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2,5 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5-6 persen.

Ikan yang mengandung minyak

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL. Omega-3 dalam ikan mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

Barley dan gandum utuh

Barley, gandum dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung terutama serat larut yang mereka berikan. Baca juga: Sakit leher bukan gejala kolesterol tinggi.

Kolesterol Jantung Stroke