Susu Tunjang Kesehatan Tubuh

Susu bukan hanya baik untuk kesehatan tulang. Konsumsi susu yang disertai dengan diet rendah garam terbukti membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Susu bukan hanya baik untuk kesehatan tulang. Konsumsi susu yang disertai dengan diet rendah garam terbukti membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

 

Demikian dikatakan spesialis giziklinis dr Diana F Suganda MKes SpGK. Menurutnya, susu memang sumber kalsium yang sangat baik. Namun, kandungan nutrisi dalam susu bukan hanya kalsium sehingga manfaat susu pun tak sebatas kesehatan tulang. Penelitian yang dipublikasi di Journal of American College of Nutrition (2009) menyebutkan,konsumsi susu yang disertai dengan diet rendah garam bisa membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. “Ini karena susu mengandung kalium dan magnesium, yang membantu mengontrol tekanan darah,” sebut dr Diana, dalam “FFI MilkVersation: Kupas Tuntas Kebaikan Susu untuk Tunjang Kesehatan Tubuh,Membahas Mitos Vs Fakta tentang Susu” yang diadakan Frisian Flag Indonesia.Hipertensi merupakan faktor risiko untuk terjadinya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

 

 

Karbohidrat yang terkandung dalamsusu cepat menggantikan (reenergize ) cadangan glikogen yang terpakai saat berolahraga. Adapun kandungan antioksidan, vitamin dan mineral dalam susu akan merevitalisasi (re-vitalize ) otot. Kandungan proteinnya akan membentuk kembali(re-build ) tubuh dan otot. “Bila kita berolahraga dengan intensitas tinggitapi kurang asupan protein, otot malah mengecil, sayang sekali,” kata dr Grace.Asupan zat besi bermanfaat untuk re-oxygenate otot, dan kandungan air dari susu akan membantu rehidrasi tubuh.(berbagai sumber)

#susutunjangkesehatantubuh