10 Tips Ini Akan Membuat Ibu Mertua Makin Jatuh Hati Padamu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hubungan ibu mertua dan menantu perempuan seringkali tak harmonis. Hal ini bukanlah sekedar mitos. Penelitian membuktikan, konflik memang sering tumbuh di antara keduanya.

Bahkan tiga dari empat pasangan mengaku bentrok dengan mertua. Menariknya, hanya 15% konflik terjadi antara menantu pria dengan ibu mertuanya. Nah ladies, bagaimana dengan kamu? Jangan biarkan hubungan dengan ibu mertua penuh ketegangan ataupun dingin ya?

Sebagai menantu, kamu harus bisa mengambil hati ibu mertua. Bagaimana caranya? Mungkin tips berikut ini bisa mencuri hati ibu mertuamu ladies!

1. Berpakaian sepantasnya

Meski bukan yang utama, penampilan tetaplah penting.  Kamu tidak bisa berpakaian semaunya saat bertemu atau berkunjung ke rumah  mertua. Ya sebagai sosok yang dihormati sudah sepantasnya kamu menghargainya dengan mengenakan pakaian sopan saat bertemu. Hindari memakai baju yang terlalu terbuka atau mini agar dia tak berpikir negatif setiap kali kalian bertemu.

2.  Bawa makanan kesukaan mertua saat berkunjung

Membawa oleh-oleh memang terkesan trik klasik dalam mengambil hati mertua atau calon mertua. Tapi trik ini berlaku sepanjang masa dan terbukti masih ampuh. Membawakan oleh-oleh berupa makanan kesukaan mertua adalah salah satu tanda kalau kamu memang memperhatikannya. Sekalipun mungkin beliau tak langsung menunjukkan rasa suka dengan trik ini,  minimal kamu akan mendapatkan simpatinya.

3. Bersikap sopan dan hormat

Selain harus menjaga penampilan, hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah menjaga sikap saat bertemu dengan mertua. Tentu di sini kamu tidak perlu bertingkah berlebihan tapi pastikan sikapmu penuh sopan santun. Saat pertama datang misalnya jabat tangannya dengan lembut dan beri senyuman yang tulus. Hindari tindakan yang melanggar etika misalnya mengangkat kaki, berbicara kotor, atau masuk ke bagian rumah yang sifatnya privasi seperti kamar.

4.  Bangun pembicaraan yang santai namun tetap sopan

Untuk mencairkan suasana kamu bisa memulai obrolan dengan  mertuamu mengenai topik-topik ringan. Tanyakan padanya tentang kegiatan yang ia lakukan akhir-akhir ini atau bisa juga kamu mengajaknya berbicara soal kegiatan yang beliau sukai. Membangun obrolan seperti ini sangat penting kamu lakukan agar kalian berdua bisa saling akrab.

5.  Bersikaplah natural namun tetap elegan

Sebagai seorang menantu,  kamu pasti ingin calon mertua memberi perhatian khusus. Namun meski begitu bukan berarti kamu harus bertindak berlebihan seperti misalnya berbicara dengan gaya dibuat-buat. Hal yang harus kamu lakukan justru adalah bertindak senatural mungkin. Jadilah diri sendiri tapi tetap  menjaga sopan santun dan tata krama.

6. Jujur dan apa adanya

Poin yang tak kalah penting adalah jadilah pribadi yang jujur. Sejak awal ceritakan dirimu yang sebenarnya. Mulai dari latar belakang keluarga, pendidikan, bahkan sampai kultur dalam keluargamu.

Hindari kesan  yang tujuannya melebih-lebihkan keadaan keluargamu supaya terlihat hebat. Ingat bahwa kejujuran adalah modal utama sejak kamu memasuki gerbang pernikahan.

7. Jangan bermesraan dengan pasangan di depan mertua

Menunjukkan rasa cinta kepada pasangan tentu jadi hasrat yang kadang sulit dilawan. Kamu tentu ingin selalu berdekatan dengan pasangan. Tapi saat di depan mertua  sebaiknya  jaga sikap. Jangan bersikap sok mesra hingga menimbulkan kesan lebay dan menyebalkan.

8. Ringan tangan, jangan ragu memberikan bantuan

Ini adalah salah satu tips paling ampuh agar ibu mertua jatuh hati padamu. Yaitu dengan bersikap ringan tangan saat ia sedang melakukan kegiatan rumah tangga, misalnya menyapu atau memasak. Setiap ibu pada dasarnya selalu ingin anaknya mendapat istri yang bisa merawat anaknya dengan baik. Untuk itu tunjukkan bahwa kamu memiliki kriteria tersebut dengan memberikan bantuan padanya.

9. Jangan berbicara mengenai hal-hal sensitif

Kamu dan pasangan tentu sering berbagi cerita termasuk juga masalah keluarga. Pasangan kamu mungkin juga menceritakan masalah keluarga yang sebetulnya cukup sensitif. Namun meski pasanganmu membicarakannya denganmu bukan berarti kamu bisa membicarakannya juga saat bertemu dengan  ibu mertua. 

Sadarilah bahwa tidak semua hal bisa dijadikan bahan obrolan dengan mertua. Jika beliau tidak membahas terlebih dulu, lebih baik bicarakan hal yang ringan-ringan saja. Jangan memberi kesan kalau kamu suka ikut campur atau sok tau.

10. Beri perhatian

Tunjukkan rasa tertarikmu terhadap sesuatu yang ia ceritakan. Biasanya saat sudah cukup nyaman, ia akan banyak bercerita mengenai dirinya, keluarga, atau mungkin mengenai masa kecil pasanganmu. Nah saat ia bercerita tatap matanya dan tunjukkan bahwa kamu tertarik dengan ceritanya. Berikan respon positif atas ceritanya.

Berikan juga perhatian lebih di hari-hari istimewa, misalnya di hari ulang tahunnya atau ulang tahun pernikahannya. Berikan hadiah berupa benda yang dia sukai atau sedang dibutuhkan. Dijamin  mertuamu akan merasa dihargai dan dia pun akan semakin jatuh hati padamu.

Nah ladies, bagaimana hubunganmu dengan mertua?  Ingat, mertua itu adalah orangtua suamimu yang berarti orangtuamu juga. Berikan selalu perhatian dan sayangi dia apa adanya.

Sesekali biarkan dia meluangkan waktu berdua dengan putranya yaitu suamimu. Jangan terus menempel dengan suami seolah-olah tak boleh ada orang lain yang dekat dengan suamimu. Jangan pernah merasa bersaing dengan ibu mertua. Jadilah diri sendiri dengan tetap membagi kasih sayang pada suami dan mertua. Hal ini justru akan membuat suami semakin jatuh cinta padamu loh! [Tri]

astaga 10 tips jatuh hati mertua suami istri hubungan