10 Kiat Agar Suami Lebih Terbuka pada Istri

Percayalah, tak ada hubungan yang sempurna! Begitu juga dengan hubungan suami istri. Karena kepribadian setiap individu itu berbeda.

freepik

Mulai dari cara berpikir hingga keterbukaan atas sesuatu hal. Dalam suatu hubungan, sikap tertutup bisa menjadi sebuah kesulitan untuk memahami  pasangan.

Pada umumnya pria memiliki sifat yang sulit terbuka dibanding wanita. Pasalnya pria lebih suka bertindak menggunakan logika dibanding perasaan. Hal inilah yang membuat keterbukaan pria terhadap pasangannya menjadi minim. Hal ini pula yang akhirnya memicu pertengkaran suami istri.

Tapi jangan khawatir ya moms. Semua bisa diatasi ko! Berikut 10 kiat yang bisa Anda terapkan dalam menghadapi  pasangan yang sulit terbuka:

1. Ambilah inisiatif lebih dulu, dan cobalah untuk memimpin topik perbincangan hingga ia menemukan titik yang nyaman dengan Anda. Karena semakin nyaman ia berbicara dengan Anda, potensi keterbukaannya akan lebih tinggi.

2. Mulailah dengan perbincangan-perbincangan kecil, seperti aktivitas harian atau hobinya. Topik seperti ini cukup membantu para pria untuk membuka diri, hingga Anda bisa saling memahami satu sama lain.

3. Hindari memberi penilaian atau kesan bahwa Anda tak bisa memahaminya. Kemungkinan akan ditolak atau tak dipahami akan membuat ia jadi lebih enggan untuk membuka diri.

4. Anda bisa menanyakan atau menyelipkan pertanyaan di sela perbincangan. Dengan menanyakan mengapa ia begitu tertutup dan apa alasannya, ada kemungkinan ia akan mulai jujur pada Anda.

5.  Sering-seringkali mengajak nya bicara dan bercanda. Ceritakan apa saja yang Anda alami dan rasakan. Sehingga sikap ini memancingnya juga untuk bercerita. Selipkan canda dan humor-humor segar agar ia merasa lebih rileks. Sikap humoris akan mencairkan suasana dan membuatnya terhibur.

6. Pria yang introvert cenderung kaku, dan malas berinisiatif untuk bicara. Dengan melontarkan kata-kata mesra yang sedikti merayu mungkin bisa membuatnya lebih santai dan percaya pada Anda.

7. Pelajari ekspresi wajah dan bahasa tubuh pasangan. Hal ini bisa memberi tahu banyak tentang apa yang dirasakannya. Suami yang tertutup biasanya tidak mengatakan hal yang sebenarnya, jadi amati bahasa tubuhnya. Itu bisa bantu mengetahui apa yang sedang dipikirkan dan masalah yang dihadapinya.

8. Pria yang tertutup  memiliki waktu berpikir sebelum berbicara dan menyimpan kata-kata untuk hal-hal penting. Introvert lebih suka berbicara berdua dibanding dengan sekelompok orang. Jadi, ketika berdua dengannya, beri ia kesempatan berbicara lebih banyak

9. Jadilah pendengar yang baik baginya. Anda harus bersikap tenang ketika mendengarnya berbicara. Kurangi kata-kata dan dorong ia untuk lebih banyak berbicara dan mengungkapkan perasaannya.

10. Habiskan waktu berdua dengannya. Semakin banyak waktu yang dihabiskan berdua, semakin kuat hubungan emosional kalian. Hal ini akan membuatnya semakin terbuka pada Anda.

Yang lebih penting lagi moms, ciptakan selalu komunikasi yang nyaman dengan pasangan ya! Pahami semua sikap dan karakternya. Jika komunikasi sudah terjalin dengan baik, tentu dia akan percaya dan merasa tak enak hati jika selalu menyimpan rahasia dengan Anda, istrinya. Sehingga akan meminimalisir konflik rumah tangga. Jangan lupa untuk lebih bersabar ya moms. [Tri]

astaga husband wife 10 tips suami istri relationship