10 Kebiasaan Istri Yang Bikin Suami Ilfill

No body's perfect! Ya tak ada satupun manusia yang sempurna di muka bumi ini. Bahkan mendekati sempurna pun tidak ada. Semua pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

freepik

Sebagai manusia biasa yang penuh kelemahan, tentunya ada kebiasan-kebiasaan buruk yang mungkin kerap kita lakukan. Nah, bicara mengenai kebiasaan buruk, apa saja ya kira-kira kebiasaan buruk para istri yang sering kali membuat suami ilfill?

Yuk moms, simak 10 kebiasaan istri yang bikin para hubby 'meradang'. Paling tidak, momies jadi tahu dan bisa mengantisipasinya agar hubby kesayangan ga makin ilfil.

1. 'Gila' fashion

Pastinya para suami akan merasa bangga melihat istri tercinta tampil cantik dan modis. Tapi, jika sudah berlebihan seperti selalu mengikuti trend busana terkini bak artis atau model dunia, justru akan membuat suami muak. Bukan saja karena akan merogoh kocek lebih dalam, tapi terlalu mengikuti mode malah terkesan lebay dan memaksakan diri, sehingga terlihat aneh.

So moms, sah-sah aja saja updet mode terkini, tapi sesuaikan dengan keadaan ya! Kalau kondisi keuangan tak memungkinkan, santai aja! Tak mengikuti mode, hidup tetap berjalan kan? Lagipula Anda masih bisa tampil modis dengan busana yang sudah ada, tinggal memadu padankan dan menambah aksesoris.

2. Bigos alias biang gosip

Jujur ya moms bergosip itu memang mengasyikan ya? Kasak kusuk soal skandal ibu anu, soal mobil baru si itu, topik gosip seperti ini kadang jadi hiburan bagi kalangan emak-emak jaman now.

Tapi jangan kebablasan ya moms. Jangan terus menerus membicarakan masalah pribadi orang lain.  Asal Anda tahu saja, gosip sering kali dianggap tidak penting oleh pria. Jadi, jangan salahkan suami bila dia tak tertarik atau bahkan kesal jika Anda mulai  bergosip.

3. Banyak mengeluh

Selalu mengeluh soal pekerjaan rumah tangga, soal anak yang nakal, soal keuangan dan lain-lain hanya akan mengesankan Anda sebagai pribadi yang lemah dan tidak bisa bersyukur.  Kondisi ini hanya akan membuat para pria stress dan beranggapan bahwa pasangannya tidak pernah puas dengan apa yang sudah ada. Hal ini pula yang kerap menjadi sumber pertengkaran pasangan suami-istri.

4. Terlalu ingin tampil cantik

Sebentar-sebentar bercermin, berdandan, memoles gincu dan maskara. Meski para pria suka dengan pasangannya yang cantik, percayalah sesungguhnya pria lebih suka jika istrinya tampil cantik alami, bukan polesan, apalagi jika di rumah.

Banyak loh pria yang habis kesabarannya hanya karena menunggu pasangannya yang sangat lama berdandan. Alih-alih ingin menikmati waktu berdua, malah suasana menjadi rusak karena suami emosi menunggu istrinya berdandan sangat lama.

5. Selalu ingin tahu urusan orang lain

Sebagian wanita terlalu kepo dengan urusan orang lain, bahkan sampai ikut campur. Bahkan yang lebih parah jika sampai mengikuti perkembangan kasus orang lain dan membahasnya dengan suami. Kalau sekali dua kali mungkin suami masih mau merespon. 
Tapi, kalau sampai berkali-kali, apalagi jika Anda membahasnya di saat suami sibuk dengan urusannya, malah mungkin membuatnya naik pitam. Jangan heran kalau dia justru bukannya bersimpati tapi kesal karena terganggu pekerjaannya.

So moms, lebih baik bahas masalah intern keluarga aja itupun lihat-lihat mood suami. Kalau suami sedang sibuk lebih baik, sediakan kopi atau teh hangat dan bicarakan hal-hal yang ringan saja.

6. Hobi mencela perempuan lain

Semua perempuan memang selalu ingin dianggap cantik oleh suaminya. Tapi bukan berarti harus menganggap perempuan lain itu lebih buruk. Misalnya dengan menganggap wanita lain itu ndeso, kampungan, kusam, tak terawat, dan sebagainya.

Walau mungkin apa yang dikatakan benar, kebiasaan mengkritik seperti itu cukup menjengkelkan bagi para lelaki. Karena, hal-hal seperti itu bagi mereka bukanlah hal penting. So moms, kalau ga mau ribut, cobalah menghentikan kebiasaan yang satu ini ya !

7. Maniak belanja

Bagi sebagian wanita, belanja merupakan sarana rekreasi dan relaksasi. Karena itu wanita bisa  berkeliling mal berjam-jam hanya untuk berbelanja hal yang tidak penting. Sayangnya, bagi kaum suami tidaklah demikian. Kebiasaan itu bahkan bisa membuatnya mengalami stress, sesudah 20 menit menemani Anda berbelanja! Terdengar berlebihan, tapi itulah faktanya. Dan, memang kebiasaan ini pula yang membuat Anda dan suami ribut, bukan?

So moms, bila ingin berbelanja, lebih baik sendiri saja atau ajak teman wanita, bukannya pasangan. Tapi usahakan berbelanja sesuai kebutuhan ya moms!

8. Terlalu asyik dengan sosial media

Mungkin ini fenomena istri jaman now! Selesai masak, cekrek, posting, updet status. Mau bobo, cekrek, updet status. Belum lagi jika sudah mengobrol di grup emak-emak sambil cekikikan sampai lupa waktu. Wah, kondisi ini seringkali membuat suami naik darah. Apalagi jika suami lagi di rumah sementara istri malah sibuk bersosmed dengan gadgetnya.

So moms, boleh aja asyik dengan sosmed, tapi harus tau waktu ya! Kalau suami sedang bersama Anda, mungkin lebih baik singkirkan gadget. Lebih baik jalin kedekatan dengan suami dengan makan bersama, bicara soal masa depan atau hal yang menyenangkan.

9. Tidak bisa mengurus rumah

Selesai bekerja, biasanya para suami ingin segera pulang ke rumah berkumpul bersama keluarga tercinta. Tapi ketika masuk ke rumah dalam keadaan berantakan, akan membuatnya sakit kepala. Kondisi ini membuat suami yang tadinya ingin rileks malah emosi. Akibatnya pulang kerja malah diwarnai dengan pertengkaran.

So moms, sebagai ibu rumah tangga yang baik, usahakan rumah dalam keadaan bersih dan rapih ya sebelum si hubby pulang. Percaya lah rumah yang bersih dan tertata rapih akan membuat suasana lebih nyaman. Akibatnya suamipun betah berlama-lama di rumah.

10. Posesif

Mungkin inilah kebiasaan istri yang paling membuat suami gerah. Kemanapun dan dengan siapapun suami pergi, istri posesif akan mencurigai suami pergi dengan mantan atau wanita lain. Belum lagi berondong pertanyaan akan dihadapi suami setiap pulang bepergian. Kondisi ini akan membuat suami tertekan dan justru memicu suami untuk mencari kenyamanan di tempat lain. Jadi santai aja ya moms, beri ruang dan kepercayaan pada suami. Yakinlah jika Anda sudah melayaninya dengan baik, tak ada alasan baginya untuk membagi cinta.

Nah moms, jika ada salah satu atau lebih kebiasaan buruk tadi, cobalah menghilangkannya pelan-pelan. Jangan lupa komunikasikan semua hal dengan baik bersama suami. Mungkin akan ada kompromi jika momies menyukai sesuatu tapi suami malah sebaiknya. Intinya bicarakan semua masalah dengan bijak. Pahami kebutuhan, keinginan, dan perasaan masing-masing. [Tri]

astaga 10 tips suami istri kebiasaan hubungan relationship