Habiskan! Menyimpan Masakan Lebaran Sebaiknya Jangan Lebih dari 2 Hari

Memasuki H+3 Lebaran, jika masih ada sisa makanan seperti opor ayam, sayur godok, rendang dan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Karena, makanan yang seperti ini tidak boleh disimpan lebih dari dua hari.

--- Rendang/Foto: Pribadi

Disampaikan oleh Chef Guntar dari Lei Lo Restoran Jakarta, bahwa menyimpan terlalu lama dapat merubah rasa makanan itu. Tapi kalau sudah terlanjur masak lebih banyak, tidak apa-apa.

Ketika mau masak seharusnya perlu diperkirakan. Misalnya seberapa banyak saudara atau keluarga yang akan datang ke rumah yang bisa menghabiskan makanan itu.

Tapi kalau sudah terlanjur masak yang berlebihan, lebih baik dipisahkan di wadah yang berbeda.

"Pisahkan saja makanannya di wadah atau tempat yang berbeda untuk disimpan dalam freezer. Misalnya makanan dibagi dua atau tiga. Jadi, saat saudara datang tidak semua disajikan karena sudah pisahkan dan tidak akan mubazir," katanya.

Lebih lanjut, kata Chef Guntar, penyimpanan makanan di dalam freezer ini gunanya agar makanan bisa bertahan lebih lama. Tapi jika sampai hari ini masih ada yang tersisa, habiskan saja. Kuman dan bakteri akan sangat mudah bersarang, dan membawamu ke masalah kesehatan yang serius.

--------
Chodijah Febriyani, akurat.co.id | Ed: dr/81

rendang makanan lebaran lei-lo restauran chef guntar